Walikota se Sumatera Kagumi Pesatnya Pembangunan Kota Pekanbaru

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pesatnya perkembangan pembangunan Kota Pekanbaru memikat hati para Walikota se Sumatera. Mereka memuji dan kagum atas keberhasilan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT memimpin Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT dan walikota se Sumatera

Kekaguman itu disampaikan saat 24 orang Walikota se-Sumatera menghadiri kegiatan Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI), tanggal 1 Februari hingga 3 Februari 2018 lalu di Pekanbaru.

Seperti disampaikan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi, juga menjabat Ketua Umum APEKSI. Selama berada di Pekanbaru banyak inspiratif dan inovasi yang akan diambilnya dari perkembangan kota Pekanbaru.

Salah satu inovasi perkembangan Kota Pekanbaru yang akan diadopsinya ialah salah satunya penerapan smart card.

“Saya sangat kagum dengan inovasi yang dibuat Pak Firdaus untuk memajukan Kota Pekanbaru dalam hal pelayanan dengan adanya smart card. Ada kemungkinan kami (Tangerang Selatan) akan mencontohnya, karena smart card ini sangat menarik dalam penggunaannya. Apalagi dengan adanya kartu ini, masyarakat merasa dimudahkan,” ujar Airin.

Selain salut melihat perkembangan Kota Pekanbaru yang sudah mulai menggunakan pelayanan kepemerintahan dan masyarakat yang berbasis non tunai (smart card), Airin juga mengatakan kesalutannya melihat tatanan Kota Pekanbaru yang tidak hanya berpusat pada satu daerah saja.

“Salut buat Pak Wali, saat ini pembangunan Kota Pekanbaru mulai menyebar ke wilayah baru, tidak hanya berpusat pada kepadatan disatu wilayah saja.

Pemerataan pembangunan juga ditunjukkan dengan membuka pengembangan wilayah baru, salah satunya di Tenayan Raya. Semoga ini bisa terus dilanjutkan dan menjadi contoh buat kota lain terutama bagi kami (Tangerang Selatan),” tutur Airin.

Selain Walikota Tangerang Selatan, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah juga tak luput memberikan pujian atas perkembangan Kota Pekanbaru saat ini.

“Saya pribadi merasa kagum saat dapat melihat tatanan kota Pekanbaru yang bisa dibilang bersih dan rapi. Pekanbaru juga saat ini pembangunannya sangat pesat. Sebagai contoh pembangunan perkantoran di kawasan Tenayan Raya yang bisa kita lihat pembangunannya,” terang Mahyeldi.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komwil APEKSI Regional I se- Sumatera periode 2015-2018 itu juga mengatakan, posisi geografis Pekanbaru yang strategis dipadukan dengan program-program modernisasi yang dijalankan oleh Walikota Firdaus, membuat Pekanbaru menjadi sangat cepat berkembang.

“Seperti yang kita ketahui Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru posisinya sangat strategis. Geografisnya sangat dekat dengan negara tetangga. Banyak sektor unggulan yang bisa digerakkan Pak Firdaus, diantaranya sektor perdagangan, jasa dan industri,” terang Mahyeldi.

Mahyeldi turut memberikan pujian kepada Pemko Pekanbaru. Terkhususnya Walikota Pekanbaru yang dianggapnya telah berhasil menjadikan Kota Pekanbaru kota yang smart city.

Salah satu keberhasilan tersebut ditandai dengan keberhasilan Pemko Pekanbaru mengelola serta menerapkan pelayanan publik berbasis IT.

“Selogan Pekanbaru Smart City Madani tidak hanya sekedar selogan, tapi Pekanbaru benar-benar telah menjadi kota pintar (smart city) yang telah menerapkan kepada masyarakatnya. Apa yang telah diterapkan oleh Pak Firdaus patut kita contoh,” ujar Mahyeldi.

Berbagai kegiatan diikuti oleh seluruh walikota yang hadir, dimana tempat penyelenggaraan berada di beberapa titik Kota Pekanbaru.

Diantaranya welcome dinner di Rumah Singgah Tuan Qadi, penanaman pohon di kawasan perkantoran Walikota Pekanbaru yang terletak Tenayan Raya, pawai budaya di Jalan Gajah Mada, serta City Expo yang digelar di Jalan Cut Nyak Dien.

Seperti yang diketahui, Walikota Pekanbaru, Firdaus, terpilih sebagai Ketua APEKSI Wilayah I di Pulau Sumatera.

Firdaus terpilih secara aklamasi saat diadakan sidang pleno yang digelar di Hotel Aryaduta Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jum’at (02/02/2018) siang.***(adv/Diskominfo Pekanbaru)