BAZNAS Rohul Salurkan Bantuan 16 Unit RSLH

Rohul(SegmenNews.com)- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rokan Hulu menyalurkan bantuan pembangunan 16 unit Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) kepada asnaf fakir di 16 kecamatan.

Ketua BAZNAS Rohul, Drs H Armen ZA didampingi Komisioner Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian H.Tarmizi, Kamis (2/3/2018) mengatakan, pembangunan RSLH dilaksanakan Januari 2018.

Bantuan tersebut diberikan untuk asnaf fakir per KK.

“Pembangunan melalui kasubag BAZNAS tahun 2017. Namun pembangunannya baru bisa dilaksanakan Januari 2018. Target Mei tuntas,” jelas Armen.

Kerua II Tarmizi juga menjelaskan, saat ini tahap pengerjaan mulai pembangunan pondasi, dan ada juga yang sudah mencapai 90 persen.

Pekerjaanya dibagi 4 zona hal itu menghindari keluhan pengelola. Di zona 4 masuk katagori daerah jauh untuk 5 kecamatan, yakni Tambusai Utara, Bonai Darussakam, Kabun, Rokan IV Kotot dan Pendalian IV Koto.

Kemudian Zona 3 lokasi yakni 7 kecamatan, Ujung Batu, Tandun, Tambusai, Pagaran Tapah Darussalam, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu dan Kunto Darussalam.

“Sedangkan katagori Zona 2 jaraknya sedang ada 3 kecamatan, Rambah Samo, Rambah Hilir dan Bangun Purba. Zona 1 sendiri terdekat yakni Kecamatan Rambah,” jelas H Tarmizi.

Dari 4 zona yang dibagi tersebut, nantinya untuk dana pembangunan RSLH bagi 16 asnaf se-Rohul ditetapkan anggaran nominal pembangunannya. Untuk di zona 1 disalurkan Rp40 juta, Zona 2 Rp41 juta, Zona 3 Rp43 juta sedangkan zona 4 Rp45 juta. RSLH yang dibangun desain dan ukurannya sudah ditetapkan BAZNAS, type 36 dengan dua kamar termasuk WC, dapur dan kamar mandi dan lantai semen aci.

Hanya saja, H Tarmizi berharap, agar adanya peran serta dan partisipasi membantu pembangunan RSLH. Seperti yang sudah dilakukan di Jalan Rambutan RT 03 RT 01 Dusun Pasir Putih Barat Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambabah, dari Rp40 juta bantuan BAZNAS Rohul namun sekitar Rp45 juta partisipasi masyarakat.

“Sehingga bangunan RSLH tersebut cukup megah dengan dana Rp85 juta, lengkap WC, kamar mandi, 3 kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, parit atau sanitasi pembuangan air, tong penampungan air kapasitas 1000 liter, sumur bor lengkap dengan masin airnya,”

“Bukan hanya itu,  juga ada bantuan untuk pembebasan lahan untuk tapak perumahan oleh pengurus masjid tempatan dan masyarakat capai Rp60 juta. Kita sangat kagum dan memberikan aplus, atas partisipasi masyarakat, perangkat desa, dan pengusaha di daerah tersebut. Berharap daerah lainnya bisa melakukan hal yang sama sehingga bangunan RSLH tersebut akan lebih maksimal lagi hasilnya,” harap Tarmizi.***(fit)