Wujudkan Agrowisata Kelengkeng, Pengusaha Muda Kota Tengah Butuh Bantuan Pemerintah

Wujudkan Agrowisata Kelengkeng, Pengusaha Muda Kota Tengah Butuh Bantuan Pemerintah

Rohul(SegmenNews.com)- Saat ini perkebunan buah kelengkeng sedang berkembang di Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu. Bahkan pengusaha setempat berinisiatif akan membuat agrowisata kelengkeng di Luhak Kepenuhan Negeri Beradat tersebut.

Pengusaha kelengkeng Kota Tengah, Mulyamin, S.Kep menjelaskan, dirinya mengelola lahan seluas 1,5 hektar (ha) karet di Jalan Garuda IV  menjadi kawasan perkebunan buah kelengkeng di Kota Tengah.

Saat ini sudah ada 400 pohon kelengkeng yang ditanam, beberapa pokok diantaranya sudah berbuah. Hasilnya untuk rogram jangka pendek awal tahun 2019, sebanyak 200 pokok siap dipasarkan sedangkan jangka panjangnya akan menjadi Agrowisata kelengkeng.

“Bibit tanaman Kelengkeng new kristal 2, umur saat ini lebih kurang 2,5 tahun, dengan modal sendiri tetapi dalam akses ke Pemerintah kita juga dibantu oleh dinda Alfa Syahputra, bersyukur kita mendapat binaan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Rokan Hulu melalui Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian ( THL TBPP)/ PPL saudra Jefriden, inilah hasilnya sekarang, mudahan mimpi saya dapat terwujud” kata Amin di kebun Klengkeng, Selasa sore (3/7/2018).

Tokoh Muda Luhak Kepenuhan, Alfa Syahputra berharap upaya Mulyamin menjadi inspirasi bagi pengusaha lain untuk pengembangan agrowisata kel ngkeng.

“Ini seharusnya menjadi aspirasi untuk kita semua, masih muda, mau berwira usaha, tentu sebagai seorang Mahasiswa kita hanya mampu menyampaikan dan mendiskusikan apa yang menjadi kebutuhan beliau kepada pemerintah,” sampainya.

Alfa juga seorang mahasiswa ini berjanji akan menyampaikan kepada pemerintah dan dinas terkait untuk membantu pengembangan kelengkeng ini.***(rls)