Layanan Satu Pintu PLN, Mudahkan Pelanggan

Layanan Satu Pintu PLN, Mudahkan Pelanggan

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Salah satu bentuk apresiasi PLN dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2018 adalah membuka Layanan Satu Pintu (LSP) untuk semua pelanggan tegangan rendah (TR).

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Irwansyah Putra, Rabu (5/8/18) mengatakan, LSP merupakan suatu aplikasi sistem layanan terintegrasi yang menggabungkan layanan permohonan penyambungan baru/tambah daya dan layanan permohonan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Layanan ini disediakan oleh PLN yang bekerja sama dengan Pemerintah dan Lembaga Inspeksi Teknik-Tegangan Rendah (LIT-TR).

Kemudahan-kemudahan yang diberikan melalui LSP antara lain:
1. Prosedur yang praktis dan tidak rumit,
2. Jaminan waktu pelayanan dengan SLA,
3. Keringanan biaya melalui sarana cicilan Biaya Penyambungan hingga 24 kali

Implementasi LSP pada Konsumen Bisnis dan Industri daya 100-200 kVA (kilo Volt Ampere) sudah sejak 2016. Kini, LSP dibuka untuk seluruh Konsumen TR mulai 450 VA sampai dengan 197 kVA. Untuk pelanggan dengan daya 450 VA s.d. 82.500 VA, LSP berlaku untuk layanan Pasang Baru.

Irwansyah menambahkan, LSP sebagai bentuk reformasi pelayanan mampu membawa rapor Getting Electricity (GE) Indonesia naik ke peringkat 38, dari yang sebelumnya 49.

“Ini adalah reformasi pelayanan yang sangat baik, dimana mendapatkan listrik di Indonesia semakin mudah. Berbisnis pun semakin mudah. Di sinilah PLN hadir untuk kesuksesan pelanggan, karena kesuksesan mereka adalah kesuksesan kami,” ungkap Irwansyah.

Getting Electricity (GE) adalah 1 dari 10 indikator yang menjadi penilaian dalam EoDB (Ease of Doing Business) yang dicanangkan World Bank untuk mengukur tingkat kemudahan berbinis dari 190 negara di dunia. 4 kriteria Penilaian GE adalah prosedur, waktu, biaya, dan keandalan pasokan serta transparansi tarif.***(rls)