Kecamatan Mandah Wakili Inhil Lomba Cipta Menu Tinhkat Provinsi

Inhil(SegmenNews.com)– Kecamatan Mandah akan mewakili Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti Lomba Cipta Menu (LCM) Serba Ikan Tingkat Provinsi Riau tahun 2018.Keputusan tersebut dikarenakan Kecamatan Mandah berhasil menjuarai LCM Serba Ikan tingkat Kabupaten Inhil, yang digelar di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharudin Jusuf Tembilahan.

Ketua Panitia Pelaksana, Marduan mengatakan, pada lomba yang diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil ini, masing-masing peserta menyajikan berbagai olahan masakan berbahan baku ikan, dengan tampilan yang apik dan menarik.”Kategori penilaian terbagi tiga, yaitu menu balita, menu keluarga, dan menu kudapan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan peran aktif Dinas Perikanan Kabupaten Inhil, khususnya dalam menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Oleh karenanya, untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di Negeri Seribu Parit, diperlukan kegiatan dan program yang dapat menarik minat masyarakat agar lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan, salah satunya dengan LCM Serba Ikan yang merupakan promosi edukasi dan peningkatan konsumsi ikan yang dimulai dari usia dini, sekaligus sebagai implementasi dari gerakan gemar makan ikan.

“Tujuan LCM Serba Ikan, yaitu menyebarluaskan dan menginformasikan gemar makan ikan yang dimulai dari usia dini dan memberikan pemahaman tentang manfaat pengolahan serba ikan, sesuai dengan tema pada acara hari ini “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah dalam sambutannya menyatakan bahwa ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama pada masa anak-anak.***(adv/hms)