Dandim Kodim 0321 Rohil Menangis Saat Menabur Bunga di Makam Pahlawan

Dandim Kodim 0321 Rohil Menangis Saat Menabur Bunga di Makam Pahlawan

Rohil(SegmenNews.com)-Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 73, Komando Distrik Militer (Kodim) 0321 Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Bakhti, Jalan Utama, Bagan Barat, Rabu (3/10/2018).

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi bertindak sebagai inspektur upacara. Tampak hadiri Bupati Rohil H Suyatno AMp, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Kajari Rohil Gaos Wicaksono SH, MH, Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi, jajaran Polsek Bangko, para kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil, Ormas, para siswa/siswi dan lainnya.

Kegiatan diawali dengan komandan upacara memasuki lapangan upacara pasukan disiapkan, inspektur upacara memasuki lapangan upacara pasukan disiapkan, laporan komandan upacara, penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh inspektur upacara, peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh inspektur upacara dan doa.

Kemudian, laporan komadan upacara, upacara selesai dilanjutkan tabur bunga makam pahlawan. Ketika Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi melakukan tabur bunga di makam para pahlawan terlihat meneteskan air mata.

Saat ditanya, Dandim mengaku terharu dan terbayang terhadap perjuangan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya dalam merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Jujur saya menangis, karena saya bisa membayangkan bagaimana dulu para pejuang tanpa pamrih dan tulus berkorban untuk merebut kemerdekaan,” katanya.

Dandim juga menyebutkan, dirinya pernah merasakan bertugas di daerah operasi yang berhadapan langsung dengan musuh.

“Kita sama-sama punya senjata, pilihannya hanya satu, saya atau musuh yang mati, kalau sekarang coba kita tanya pada diri kita, apakah sanggup mengorbankan nyawa, ” sebutnya.

Dalam ziarah makam ini, lanjutnya, yang perlu kita ingat sebagai warga negara bahwa kita ada karena jasa para pahlawan kita yang telah memberikan jiwa dan raga mereka.

Dandim juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan positif.

“Jangan sampai yang sudah direbut dan apa yang telah dikorbankan pahlawan kita nikmati dengan cara yang tidak pantas,” ajak Letkol Inf Didik Efendi.

Karena tambahnya lagi, harga kemerdekaan itu begitu mahal untuk ditebus. Berjuta nyawa telah di korbankan para pahlawan untuk memberikan kemerdekaan bagi bangsa ini.***(Chan)