Seluruh Kecamatan di Rohul Ikuti Rakor FPK

Rohul(SegmenNews.com) –Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Pembauran Kebangsaan  (FPK) Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu digelar di Hotel Gelora Bhakti,  Kota Pasir Pangaraian, Jumat (30/11/2018).

Kegiatan tersebut, di awali dengan dengan pembentukan tingkat kecamatan yang difasilitasi Ketua FPK Rohul Jamaluddin Nasution,  di dampingi pengurus lainnya,  yakni Endar Rambe dari etnis Mandailing, H Ahmad Jadi dari etnis Melayu dan Zainal dari Etnis Minang.

Setelah pembentukan dilaksanakan,  Jamaluddin Nasution menyampaikan agar pembentukan ini dilakukan, sebagai bentuk komitmen dari masing-masing etnis di Kabupaten Rohul dapat menjaga suasana aman dan kondusif di daerah ini.

“Kita di Rohul itu ada 9 Etnis yang sudah terdaftar, baik itu Jawa,  Sunda,  Minang,  Melayu,  Mandailing,  Batak,  Karo,  Kuansing,  Nias dan lainnya, ” sebut Jamaluddin  Nasution.

Kemudian,  nara sumber dalam dari Universitas Pasir Pangarian (UPP)  dan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol)  Provinsi Riau, sedangkan pesertanya dari tokoh masyarakat,  agama, tokoh adat, tokoh pemuda, ninik mamak, dari 16 kecamatan se kabupaten Rohul.

Selanjutnya, kegiatan tersebut langsung dibuka Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Kepala Badan Kesbang Pol Rohul Musri S. Sos,  mengatakan kalau FPK sebagai wadah informasi,  konsultasi serta penyampaian aspirasi bagi masyarakat.

“Rohul sejak dulu diketahui sudah ada beragam etnis, jadi FPK ini sangat strategis untuk menjaga keutuhan NKRI untuk di masa-masa mendatang melalui potensi-potensi yang ada pada etnis itu sendiri, ” katanya.

Lanjutnya,  jadi dengan terbentuknya  pengurus tingkat kecamatan se Kabupaten Rohul, diharapkan peran dan fungsinya bisa benar-benar optimal di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga keutuhan bangsa ini,  khususnya di Kabupaten Rohul.

Kemudian,  Kaban Musri mengajak mari ikuti acara ini dengan khidmat,  mudah-mudahan ridha dan rahmat dari Allah SWT seluruh peserta, khususnya daerah Kabupaten Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

“Saya berharap setelah sampai di daerah masing-masing peran FPK dapat dirasakan masyarakat,  karena pungsinya sangat strategis baik itu untuk tingkat kelurahan/desa, kecamatan, daerah  maupun tingkat pusat,” pungkas Musri S Sos mengakhiri.

Kabid Kesatuan Bangsa, Udar S Pd, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar peran FPK untuk mengembangkan potensi etnis dan menjaga suasana aman dan kondusif  bisa Kabupaten Rohul.

“Kita berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar, terima kasih kepada pengurus FPK Kabupaten yang membantu memfasilitasi sehingga pengurus kecamatan  dapat terbentuks hari ini, ” kata Udar S Pd.***(fit)