Duo Fifa Meriahkan Festival Tesso Nilo Tahun 2018

Ukui(SegmenNews.com)- Kegiatan Festival Teso Nilo Tahun 2018 yang dilaksanakan di Flying Squad-spw I, Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan berlangsung meriah dengan kehadiran Artis kembar dari Liga Dangdut (Lida) Indonesia asal Pekanbaru Duo Fifa.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan sejak hari, Jumat (30/11/18) lalu merupakan acara yang kedua kalinya dilaksanakan kawasan Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN), di Flying Squad, Desa Lubuk Kembang Bunga itu.

Pada pembukaan, dalam sambutannya Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, M.M. mengatakan Festival Tesso Nillo Tahun 2018 ini, ada beberapa pokok yang menjadi tujuan utamanya.

“Yang pertama ntuk pelestarian budaya masyarakat sekitar TNTN, dengan diadakannya berbagai perlombaan permainan seni tradisional seperti, lomba lagu melayu, lomba bermain gasing dan lomba silat pangean dapat dilestarikan, kerana kesenian ini sudah hampir terlupakan oleh kemajuan zaman dan teknologi,” ujarnya.

Selnjutnya untuk pelestarian alam dan lingkungan TNTN, tambah Wabup Zardewan, bahwa dulu TNTN luasnya mencapai 83 ribu Hektar namun sekarang hanya tinggal 1/3 nya saja, karena sudah dirambah menjadi permukiman dan perkebunan. Oleh karena itu hutan yang ada saat ini mari kita jaga dan lestarikan dengan baik.

“Dan selanjutnya, bagaimana melalui kegiatan Festival Teso Nilo Tahun 2018 ini, TNTN dapat diperkenalkan sebagai objek wisata handalan, tidak hanya di Kabupaten Pelalawan dan Provinsi, tetapi juga Nasional, agara dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke TNTN. Karena Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi masyarakat menambah penghasilan ekonomi dengan berjualan makanan, sopenir dan kerajinan seni lainnya,” ungkap Wabup Zardewan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai TNTN Supartono, S.Hut, M.P bahwa Kegiatan Festival Teso Nilo Tahun 2018 tersebut merupakan kegiatan yang kedua kalinya yang di adakan di Flying Squad, Desa Lubuk Kembang Bunga.

“Yang pertama pada Tahun 2017 kemarin, waktu itu kegiatan Festival Teso Nilo diadakan bersamaan dengan lahirnya seekor bayi gajah yang diberi nama Harmoni Rimba oleh Bupati Pelalawan, Bapak H.M. Harris. Dan kami berharap kedepan Kegiatan Festival Teso Nilo bisa dijadikan agenda kegiatan Kabupaten Pelalawan sehingga kegiatan ini dapat lebih besar dan lebih meriah,” jelasnya berharap.

Selain itu, pada saat penutupan, Ahad (2/11/18) Kepala Balai TNTN Supartono juga berpesan kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait untuk bersama-sama menjaga keberadaan kawasan TNTN tersebut, agar keanekaragaman hayati yang ada di kawasan tersebut tidak pernah punah.

“Ini harus kita sampaikan kepada anak cucu kita. Hutang kita kepada anak cucu kita yakni mengamankan ini (TNTN-red), jangan sampai sekian tahun kemudian TNTN habis, dan keanekaragamannya habis,” pesan Supartono mengakhiri.

Pantauan SegmenNews.com dilapangan, penutupan Festival Tesso Nillo Tahun 2018 dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba yang di adakan dan dimariahkan dengan penampilan Artis kembar dari Lida Indonesia asal kota Pekanbaru Duo Fifa.***(Ris)