Pemkab Bengkalis Assessment Calon Pejabat Tinggi Pratama

Bengkalis(SegmenNews.com)- Untuk mengisi 17 kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang masih kosong dan masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt) alias belum definitif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Panitia Seleksi (Pansel)melaksanakan assessment (lelang terbuka).

Meskipun sifatnya terbuka dan boleh diikuti siapa saja, tentunya tetap dengan berbagai persyaratan administrasi yang harus dipenuhi calon peserta.

Misalnya, pangkat/golongan minimal Pembina (IV/a), berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada saat melantikan, sedang/telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) sekurang-kurangnya Diklatpim III dan setiap calon peserta dapat melamar 3 (tiga) JPTP yang berbeda.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, setiap jabatan dapat dilanjutkan ke seleksi berikutnya apabila terdapat minimal 3 (tiga) calon Pejabat PTP yang memenuhi syarat administrasi.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi dengan 42 orang peserta yang dinyatakan lulus, ke-17 JPTP di Pemkab Bengkalis yang dilelang tersebut dapat dilanjutkan ke seleksi berikutnya.

Pasalnya, sesuai data yang berhasil dihimpun Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis, dari 17 JPTP yang dilelang itu tidak ada yang tidak memenuhi syarat minimal 3 (tiga) calon Pejabat PTP (pelamar) sebagaimana diatur dalam Permen PAN dan RB Nomor 13 Tahun 2014.

Bahkan semua jumlah pelamar untuk setiap jabatan dari 17 JPTP yang dilelang terbuka tersebut semuanya di atas syarat minimal. Yaitu, paling sedikit 4 (empat) pelamar. Sedangkan yang terbanyak 13 (tiga belas) pelamar.

“Adapun JPTP yang dilelang terbuka dengan pelamar  paling sedikit, yaitu 4 (empat) orang adalah Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Kadis Kelautan dan Perikanan, serta Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” jelas Plt Kadis Kominfotik, Johansyah Syafri, Senin, 24 Desember 2018.

Sedangkan yang terbanyak dengan 13 (tiga belas) pelamar, imbuh Johan, adalah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

Sebagaimana telah diinformasikan sebelumnya, 17 JPTP (jabatan Eselon II.b) yang bakal diisi melalui seleksi terbuka tersebut adalah Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan; Inspektur; Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;  Kadis Perpustakaan dan Kearsipan; Kadis Ketahanan Pangan; Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu; dan Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah.

Kemudian, Kadis Pemadam Kebakaran; Kadis Pendidikan; Kadis Kesehatan; Kadis Perhubungan; Kadis Komunikasi, Informatika dan Statistik; Kadis Sosial; Kadis Koperasi, Usaha Kecil dan  Menengah; Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; Kadis Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan; serta Kadis Perikanan dan Kelautan.***(dskm/Edi)