Puluhan Hektare Lahan PT. SSS di Pelalawan Terbakar

Pelalawan(SegmenNews.com)- Puluhan hektar lahan perkebunan sawit PT Sumber Sawit Sejahtera di pedesaan Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan terbakar.

Camat Teluk Meranti, T Syafril kepada wartawan, dilansir riausky, Senin (18 Maret 2019 ) membenarkan adanya karhutla di areal perusahaan PT Sumber Sawit Sejahtera.

Atas kebakaran tersebut tentu sangat disayangkan. Dan terkait tindakan hukum itu menjadi kewenangan aparat kepolisian.

“Yang jelas memang benar adanya persoalan Karhutla di PT Sumber Sawit Sejahtera. Dan ini sangat kita sayangkan terjadi. Karena apapun ceritanya kebakaran di areal perusahaan ini ada unsur kelalaian perusahaan. Dan itu hak kepolisian untuk mengusut tuntas persoalan hukum,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Camat Teluk Meranti juga mengakui tentang kendala di lapangan dalam memadamkan api.

“Di lapangan petugas sangat kesulitan dalam memadamkan api. Disebabkan sulitnya medan, dan sulitnya mendapatkan air,” urainya dan sejauh ini asap masih menghiasi areal perusahaan itu.

Pada kesempatan tersebut Mantan Kabag Ekonomi Sekdakab Pelalawan ini mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Guna mengetahui sejauh mana kebakaran diareal PT Sumber Sawit Sejahtera, Aparat Kepolisan Teluk Meranti melalui Kapolseknya belum berhasil dihubungi awak media ini.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan H Penandio saat dikonfirmasi awak media mengatakan untuk total areal yang terbakaran di wilayah Kabupaten Pelalawan lebih kurang 62 Hektar.

Saat disinggung kebakaran di areal PT Sumber Sawit Sejatrah dan berapa luas, H Penandio mengatakan pemeritah tidak mendata areal yang terbakar berdasarkan izin.
“Kami tidak mendata area berdasar kan izin. Tapi berdasarkan wilayab administrasi pemerintahan,” tutupnya.***(rsk/red)