Pertama di Riau, Pelalawan Terapkan Layanan Uji KIR Non Tunai

Pertama di Riau, Pelalawan Terapkan Layanan Uji KIR Non Tunai

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Kabupaten Pelalawan membuat trobosan baru dengan mempermudah pelayanan kepengurusan untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor atau disebut juga dengan KIR dengan menggunakan transaksi Non Tunai atau E-Money.

Trobosan ini dibuktikan pada saat lounching Implementasi Pembayaran Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Secara Non Tunai Menggunakan E-Money dan Mandiri Debet, di Kantor Dinas Perhubungan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (2/7/19) kemarin.

“Pembayaran secara non tunai yang di lakukan untuk mempermudah pelayanan kepengurusan untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor khusus di Kabupaten Pelalawan,” terang Bupati Pelalawan H.M. Harris.

Bupati Harris menambahkan, dengan trobosan ini, katannya, juga diharapakan bisa merubah pola pikir dan integritas petugasnya untuk tidak lagi melekat dengan image “uang“ dalam hal pelayanan kepengurusan.

“Dengan pelayanan yang sudah baik ini di harapkan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga hal demikian bisa di lakukan oleh OPD lainnya. Kita tegaskan juga kepada petugas lapangan untuk melayani masyarakat dengan sopan dan santun  namun tegas sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Ikatan Pengujian Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Propinsi Riau Azrial mengatakan, bahwa selama ini pembayaran retribusi tidak pernah dilakukan secara Non Tunai di Provinsi Riau, pihaknya menyambut baik dengan trobosan yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan tersebut.

“Kita menyambut baik kemajuan untuk pelayanan pembayaran yang di lakukan secara Non Tunai. Baru pertama kali di lakukan di Propinsi Riau  oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan sebagai kemajuan di bidang pengujian kendaraan bermotor. Dan ini adalah dukungan kita terhadap arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghindari adanya korupsi dan kolusi yang dilakukan oleh oknum petugas,” tandasnya.***(Ris)