Sekda Launching Desa Sadar BPJS Ketegakerjaan di Rambah

Rohul(SegmenNews.com)- Sekda Pemkab Rohul, Abdul Haris membua desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah, Seni  (9/9/19).

Abdul Haris mengatakan desa sadar jaminan sosial bpjs ini adalah program pemerintah mulai dari pusat sampai daerah. Dimana dengan program ini pekerja mendapat perlindungan dari pemerintah.

“Dengan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, pekerja akan terbantu jika terjadi kecelakaan kerja. Baik diperusahaan maupun pekerja buruh harian dengan iuran Rp14.000-Rp16.000 perbulan. Cukup terjangkau sekali,” kata Abdul Haris.

Sementara itu, Kemudian Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru-Panam, Ahmad Pauzan menjelaskan tujuan mereka untuk  memberikan perlindungan, dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa dari segala resiko ekonomi sosial.

Artinya masyarakat desa jika sudah terdaftar di BPJS baik itu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya akan memberikan pelayana yang baik.

“Desa Teluk Aur sendiri sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2017, program pemerintah ini sangat lah penting untuk para pekerja khususnya disini, banyak pekerja buruh sawit secara geografis ini tingkat resiko yang sangat tinggi. Karna setelah kami telusuri banyak masyarakat yang mengeluh matanya terkena duri sawit. Itukan sangat berbahaya sekali, dan hal ini berbeda dengan pekerja yang bekerja di perusahaan.

Pekerja di perusahaan semuanya diatur sistem manajemennya baik kesehatan pekerjanya sudah diatur,  tapi kalau di desa ini mohon maaf ini bisa jadi tingkat risiko kecelakaan kerja,” kata Pauzan.

Untuk itu, dilanjutkan Pauzan, keselamatan pekerja yang tinggi harus lebih diutamakan, dengan bekerja sama dengan kepala Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo.

Agar masyarakat pekerja terlindungi dan proteksi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.***(ADV/hms/fit)