Pelantikan Kades Serentak Inhu Upaya Penghematan Biaya

Pelantikan Kades Serentak Inhu Upaya Penghematan Biaya

INHU(SegmenNews.com)– Bupati Indragiri Hulu melantik serentak 62 Kepala Desa (Kades), Senin (17/2/2020) bertempat di Gedung Purnama . Bupati menegaskan pelantikan serentak ini upaya untuk mengefesienkan anggaran pelantikan.

“Kalau pelantikan dilangsungkan di desa masing-masing atau kecamatan, maka kades terpilih akan keluar uang minimal Rp15 juta bahkan bisa lebih. Jika disatukan kan penghematan,” ujar Yopi.

Bupati Inhu juga mengatakan, terpilih jadi kades bukan semudah membalikan telapak tangan. Tetapi pemilihan kades di Inhu yang berlangsung lancar, merupakan cerminan demokrasi yang luar biasa.

Selain itu, kata Yopi, warga desa juga bisa melihat ibukota kabupaten Inhu di Kecamtan Rengat ini yang ada Danau Raja dan bisa menikmati keindahan Danau Raja tersebut.

“Bahagia gak hari ini?” tanya Yopi.

“Bahagia,” kata warga yang penuh sesak dalam ruang pelantikan sambil bertepuk tangan gemuruh.

Bupati juga mengingatkan agar Kades bersinergi dengan berbagai pihak. Salah satunya dalam pengelolaan dana desa.

“Kades harus transparan dalam penggunaan dana pembangunan. Bawa generasi muda, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dalam perencanaan pembangunan desa,” kata Yopi.

Bupati juga mengingatkan agar Kades menjaga kestabilan desa, karena jika desa stabil tentu daerah stabil dan negara juga stabil.

“Jika sudah stabil tentu masyarakat nyaman dan jika nyaman ekonomi berkembang, jika ekonomi berkembang masyarakat tentu akan sejahtera,” kata Bupati Inhu.***(rn)