Bupati Siak Salurkan Bantuan Sembako dari BAZNAS kepada Dhuafa

Siak(SegmenNews.com)– Warga kurang mampu dan duafa se Kabupaten Siak yang terdampak musibah non alam virus Corona mendapat bantuan sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak.

Sebanyak 4.700 paket sembako disalurkan melalui UPZ Kecamatan.
Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Siak, Alfedri, Senin (13/4/2020) pagi di halaman kantor Bupati Siak.

Dikatakan Bupati Siak, Alfedri saat penyerahan sembako, sebanyak 4.700 paket sembako ini disalurkan kepada 3.098 mustahik dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 1.402 mustahik dari UPZ di Kabupaten Siak.

“Paket sembakonya,beras, gula, minyak goreng, mie sagu dan telor. Hari ini kita mulai mendistribusikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19,” ujar Alfedri.

Selain itu, kata Alfedri, ada juga bantuan alat pelindung diri (APD) sebanyak 300 lembar, pelindung wajah 100 untuk tenaga medis RSUD Tengku Rafian Siak, masker kain sebanyak 4.857 lembar dan 29 dus susu UHT.

“Masyarakat yang masuk daftar ODP dan tergolong tidak mampu, sangat membutuhkan bantuan ini. Begitu juga para tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien, sangat membutuhkan APD,” ujar Alfedri lagi.

Sebelumnya, Bupati Siak Alfedri juga sudah menyerahkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan itu bersumber dari dana pribadinya serta ASN di lingkup Pemkab Siak.

“Mulanya kita berinisiatif menyumbangkan dana pribadi kita untuk membantu masyarakat yang mengisolasikan diri secara mandiri di rumah masing-masing. Mereka tidak dapat berkerja dan tidak mendapat upah harian seperti biasanya,” kata Alfedri.

Bermula dari sana, lanjutnya lagi, kini banyak organisasi, maupun perusahaan yang peduli dengan masyarakat yang terdampak Covid-19 ini.

“Kita berharap dengan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan tetap menjaga kebersihan serta kesehatan. Ini akan membantu memutus rantai penyebaran virus Corona di Kabupaten Siak,” tandasnya lagi.

Ketua Baznas Siak H. Abdul Rasyid di dampingi anggota Komisioner Baznas Lainnya Menyampaikan kegiatan pembagikan Limbako untuk masyarakat Kabupaten Siak dalam rangka membantu meringankan dari pada masyarakat yang terkena ODP Covid-19.***(adv)