Pemkab Siak Siapkan Proposal Penerapan PSBB

Siak(SegmenNews.com)- Hingga saat ini jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau tercatat sebanyak 11 orang. Semantara orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1914. Meski belum terkategori zona merah, Pemkab Siak sudah mempersiapkan proposal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Bupati Siak, Alfedri saat dikonfirmasi kepada wartawan mengatakan dalam waktu dekat ini Pemkab Siak memang belum menerapkan PSBB. Namun segala kajian tentang itu sudah dibahas termasuk proposalnya juga sudah disiapkan.

“Sudah kita pikirkan, tapi Siak belum terapkan PSBB. Karena kabupaten Siak belum masuk kriteria penerapan PSBB. Hal ini juga sudah kami sampaikan ke Gubernur Riau saat Rakor melalui video conference pada Senin kemarin,” kata Alfedri, Rabu (15/4/2020),lansir goriau.

Alfedri menyebutkan, proposal penerapan PSBB yang disiapkan ini sudah sangat terinci san detail termasuk soal adminitrasi serta anggarannya.

Bahkan, lanjutnya lagi, pola penerapan PSBB juga sudah didesain sebaik mungkin. Ada dua pola yang akan diterapkan jika PSBB diberlakukan nanti, untuk penduduknya yang padat diterapkan pola maksimal.

“Contohnya di Kecamatan Kandis, Minas dan Tualang itu akan diterapkan pola maksimal. Kemudian pola minimal, daerah yang sudah ada PDP. Misalnya di Kecamatan Siak, Sungai Apit dan Kerinci Kanan,” kata dia.

Alfedri juga menyebutkan, hingga tiga bulan kedepan, untuk PDP yang tergolong masyarakat kurang mampu di setiap kecamatan tetap akan mendapatkan sembako.

“Ini juga sudah saya bahas dengan semua OPD. Artinya selama tiga bulan ini, sembako untuk PDP kurang mampu dan masyarakat kurang mampu tetap terpenuhi,” sebutnya lagi.***(adv)