Pemkab Siak Awasi Takjil Dijual Aman Dikonsumsi

Siak(SegmenNews.com)- Melindungi warga dari pangan berbahaya, Penjabat Sekda Siak, Drs H Jamaluddin meminta pihak terkait seperti Balai Pengawasan Obat dan Makanan serta Dinas Kesehatan mulai mengintesifkan pengawasan makanan berbuka atau takjil.

“Kita minta Dinas Kesehatan atau instansi terkait melakukan pengawasan berkala untuk pangan olahan disarana distribusi pangan yang ada di Kota Siak,” kata Jamaludin kepada wartawan Kamis (30/4/2020).

Menurutnya, pengawasan ini akan difokuskan pada jajanan takjil yang dijual para pedagang di sepanjang Jalan Sutomo dan sekitarnya selama Bulan Puasa Ramadan.

“Dengan adanya pengujian ini dapat memastikan makanan yang dijajakkan para penjual takjil di Kota Siak bebas dari bahan berbahaya. Kan bagus, agar takjil yang dijual untuk warga Siak dapat dipastikan keamanannya,” jelasnya.

Jamal ingin, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengecek itu sampao ramadan berakhir. Apakah kandungan berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamin, dan pewarna berbahaya terkandung dalam takjil yang dijual.

“Sejauh ini masih relatif aman. Ini baru hari ketujuh puasa, kita minta terus lakukan pemeriksaan dan pengujian sampai bulan puasa selesai. Apalagi saat ini wabah corona masih menghantui masyarakat,” ujarnya.(INF)