Bupati Alfedri Benahi Kecamatan Sungai Apid Jadi Magnet Ekonomi Baru

Siak(SegmenNews.com) – Kecamatan Sungai Apit yang pernah menjadi central untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin ini mulai ditata dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Siak di masa kepemimpinan Bupati Alfedri. Daerah ini akan disolek agar menjadi magnet ekonomi baru bagi Pemkab Siak.

Tepat di tepian salah satu dermaga di Sungai Apit kini sudah dibangun turap yang bagus seperti Waterfront City Siak yang tidak jauh dari Istana peninggalan Sultan Syarif Kasim II. Warga setempat menamainya Waterfront City Sungai Apit.

Lokasi Waterfront City Sungai Apit yang hanya baru selesai 140 meter ini berada di Jalan Sultan Syarif Kasim RT 1 RW 2, Kelurahan Sungai Apit atau tidak jauh dari Pos Pemadaman Kebakaran Cluster Sungai Apit.

Masyarakat mulai ramai mendatangi Waterfront City Sungai Apit ini untuk melihat matahari terbenam sambil mengabadikan momen indah dengan langit jingga di sebelah barat.

Keindahan cahaya lampu sepanjang Waterfront City ini pada malam hari juga menjadi perhatian. Masyarakat seolah tak perlu ke pusat kota Siak lagi kalau hanya untuk melihat keindahan turap.

Bupati Siak, Alfedri didampingi Kadis Pekerjaan Umum Tarukim Kabupaten Siak, Irving Kahar meninjau pembangunan tahap awal waterfront city tersebut.

“Kecamatan Sungai Apit ini akan menjadi Kota Siak kedua yang sangat indah jika penataan pembangunannya sudah dimulai dari sekarang. Kedepannya Sungai Apit ini keindahan menyaingi pusat kota Siak,” kata Alfedri.

Rencananya ke arah barat dan timur dari turap yang telah selesai dibangun selama dua bulan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Siak sekitar Rp 190 juta ini, akan dilanjutkan pembangunan.

Wilayah Waterfront City Sungai Apit ini bisa saja menjadi pusat bisnis, rekreasi, dan perdagangan serta penggerak utama perekonomian di Kabupaten Siak. Kawasan itu bakal menjadi magnet ekonomi baru bagi Pemkab Siak, bahkan Riau.

“Jika sektor Migas suatu saat tidak dapat lagi diandalkan. Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Sungai Apit ini akan menjadi masa depan Siak. Makanya kawasan industri ini harus kuat secara infrastruktur. Mau tidak mau, ini harus digenjot,” kata dia.***(INF Pemkab Siak)