Ditengah Covid-19, Bupati Siak Ajak Masyarakat Tanam Pohon Buah-buahan di Pekarangan Rumah

Siak(SegmenNews.com)- Ditengah wabah covid-19, Bupati Siak Alfedri megajak masyarakat tetap aktif melestarikan lingkungan dengan menanam pohon buah-buahan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Kita akan mencanangkan satu nyawa satu pohon, jadi warga diharapkan menanam satu orang satu pohon. Saya setiap turun ke kecamatan dan desa selalu menanam 10 batang pohon. Pohon yang ditanam ini merupakan wakaf, kelak pohon ini besar dan berbuah bisa dinikmati anak cucu kita, minimal menerima manfaat dari oksigen yang dihasilkannya maka kita juga mendapat pahala jariyah,” Kata Alfedri.

Alfedri mengatakan Pemkab Siak telah menerima bantuan 3.000 bibit pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tak hanya itu, Pemkab Siak dan KLHK juga membentuk program Kebun Bibit Desa (KBD) yang diresmikan di Gedung Serba Guna Kantor Camat Lubuk Dalam, Kamis (11/6/2020).

“Bibit pohon tadi akan diberikan untuk warga di tujuh kampung yang ada di Kecamatan Lubuk Dalam,” Kata Alfedri lagi.

Menurutnya, pengelolaan lingkungan secara benar akan memberikan dampak yang baik bagi seluruh makhluk hidup, untuk itu harus selalu ada upaya untuk mewujudkan pelestarian lingkungan.

Dengan adanya program KBD ini lanjut dia, dapat mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara membibit tanaman, tumbuhan hutan dan merawat atau memelihara hutan secara legal.

“Saya harap ke depan masyarakat sadar akan lingkungan dan masyarakat akan aktif kembali menanam seperti yang telah dilakukan sebelumnya pada program Kabupaten Siak Hijau,” Kata dia.(inf/pemkab siak)