Koramil 02 Tebing Tinggi Giat Patroli Karhutla

Meranti(SegmenNews.com)-  Giat Patroli Karlahut, Koramil 02/Tebing Tinggi bersama Dandim 0303/Bengkalis Koptu Herman S Melaksanakan Patroli Karlahut di Desa Teluk buntal, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (15/6/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bhabinsa Tanjung sari, Seperangkat desa Teluk buntal dan Damkar

Didalam menghadapi wabah Covid-19 Bhabinsa koramil 02/Tebing Tinggi tetap melaksanakan patroli karhutla di desa Teluk Buntal agar desa kondusif aman dari kebakaran dan tidak menambah kepanikan bagi masyarakat.

Saat dikonfirmasi awak media, Koptu Herman S mengatakan, patroli yang dilakukan ini sebagai bentuk antisipasi adanya gejala yang ditimbul sehingga berdampak pada kebakaran.

“Kita melakukan pemantauan ini, sebagai upaya mengantisipasi sejak dini akan terjadinya karlahut, yang mana giat ini kita laksanakan diseluruh wilayah binaan Koramil 02/Tebing Tinggi,”ujarnya.

Maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut, Babinsa dan Perangkat Desa Teluk Buntal dan Damkar Kabupaten Meranti menghimbauan kepada masyarakat Desa Teluk Buntal agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan agar menjaga api apabila sedang membakar, agar tidak terjadi kebakaran, apabila membuang puntung rokok  agar puntung rokok sebelum dibuang harus dipastikan telah padam.

Patroli Karlahut ini secara rutin dilaksanakan oleh Babinsa untuk memantau titik api guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut, dengan mengajak masyarakat agar peduli guna mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Babinsa Koptu Herman S menjelaskan “Apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan disengaja membakar lahan atau hutan segera laporkan kepada aparat di Desa baik itu kepada Babinsa, maupun unsur perangkat Desa lainnya agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti”, tegasnya.

Koptu Herman S juga mengajak masyarakat mari kita bersama-sama melaksanakan patroli Karlahut  agar daerah kita terhindari dari kebakaran lahan dan hutan di Wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur Khususnya dan Kabupaten kepulauan Meranti Pada Umumnya.”tutupnya.

Giat ini juga mendapat sambutan baik dari masyarakat, menurut mereka dengan adanya patroli ini sangat membantu masyarakat dalam resiko terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Desa Telul Buntal, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti.***(Ags)