Tim Gugus Tugas Covid-19 Bunut, Bantah 2 Warga yang Reaktif, Berikut Penjelasannya

Tim Gugus Tugas Covid-19 Bunut, Bantah 2 Warga yang Reaktif, Berikut Penjelasannya

Pelalawan(SegmenNews.com)- Beredar kabar tentang 2 warga Kecamatan Bunut, reaktif Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) atau virus corona setelah dilakukan rapid test atau tes cepat oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 (PPC) Pelalawan pada Ahad, 16 Juni 2020 kemarin.

Dalam hal ini, tim gugus tugas Covid-19 Bunut membantah 2 warga Kecamatan Bunut yang reaktif Covid-19 tersebut, karena, menurut tim, dengan kabar tersebut banyak masyarakat yang salah kaprah menilai akan hal itu. Pasalnya, dari laporan tim gugus tugas Covid-19 Bunut yang reaktif, dari Kecamatan 1 warga.

“Cuma 1 warga dari Kecamatan Bunut yang reaktif dari laporan kita. Dan itu sudah kita lakukan isolasi mandiri,” unglap Juru Bicara (Jubir) gugus tugas Covid-19 Bunut, Rahmad.

Dijelaskannya, memang saat di lakukan rapid test, ada warga Kecamatan Teluk Meranti, yang ikut rapid test dan warga tersebut positif rapid test. Maka dari itu, katanya, perlu kita luruskan dan jelaskan kepada masyarakat, agar tidak panik dilapangan.

“Jika positif reaktif dari ravid test, kan tidak serta merta dia positif Covid-19. Ini kita upayakan meluruskan, dan saat ini sudah dilakukan swab dan kita kirim ke Pekanbaru untuk hasilnya nanti apa,” tandas, Rahmad, yang juga Kepala Puskesmas Bunut ini, kepada SegmenNews.com.

Hal senada juga disampaikan Ketua tim gugus tugas Covid-19 Bunut, Sri Nursari, SE, dengan simpang siur informasi yang telah membuat masyarakat panik, itu pihaknya telah melakukan upaya penjelasan meluruskan dilapangan. Bahkan hari ini, tim akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan dinilai rawan Penyebaran dari 1 pasien yang reaktif Covid-19 tersebut.

“Itu tidak benar ada 2 warga kita, memang waktu dipasar minggu kemarin, kebetulan ada warga Kecamatan Teluk Meranti, yang ikut rapid test dan positif rapid test. Untuk warga Bunut cuma 1, karena dia koperatif sudah diisolasi mandiri. Saat ini kita sudah berupaya meluruskan dilapangan, dan hari ini kita sedang melakukan penyemprotan disinfektan dilapangan,” pungkas Camat Bunut, Sri, menegaskan.

Dari data yang dirangkum, Jubir gugus tugas PPC Pelalawan, Asril M.kes, pada Senin, 15 Juni 2020 mengumumkan ada tiga warga yang reaktif Covid-19 atau virus corona. Tiga warga tersebut yakni, 1 warga Kecamatan Ukui dan 2 warga Bunut. Bahkan saat ini, sudah ada yang di karantina di gedung olah raga (Gor) Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, yakni warga yang dari Kacamatan Ukui. ****(R.A)