Satu Bulan Nihil, Muncul Enam Orang Warga Siak Positif Covid-19

Siak(SegmenNews.com)- Setelah satu bulan terakhir tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau, kini ada tambahan kasus baru. Dalam sepekan terakhir ini 6 orang dinyatakan positif Covid-19 dan 2 diantaranya masih anak-anak.

Penjabat Sekda Siak Drs Jamaludin mengatakan penambahan awal kasus ini sekitar 3 hari yang lalu ada 2 orang (suami – istri) warga Kecamatan Mempura yang sudah berusia diatas 80 tahun sakit. Saat dilakukan tes swab ternyata positif Covid-19.

“Begitu hasilnya positif, kedua warga ini langsung dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak. Petugas medis juga melakukan tracking ke rumah pasien Covid-19 di Kecamatan Mempura. Dan dilakukan rapid tes juga kepada 19 orang, hasilnya negatif,” kata Jamaluddin, Jumat (17/7/2020).

Selanjutnya, pada Kamis (16/7/2020) ada penambahan 1 kasus lagi yakni seorang perempuan berinisial N yang merupakan pegawai di Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Siak yang tinggal di Kecamatan Koto Gasib. Saat ini dia sudah menjalani karantina atau perawatan di Rumah Sakit swasta di Pekanbaru.

“Saat dilakukan tes swab kepada orang yang kontak dengan dia, yakni suami, anak dan cucu nya juga dinyatakan positif Covid-19. Anaknya berusia 10 tahun dan cucunya 2 tahun,” kata Jamal lagi didampingi Kadis Kominfo Siak, Arfan Usman.

Seluruh pasien Covid-19 ini, kata Jamal, tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Untuk pasien dari Kecamatan Mempura memang sudah memiliki riwayat sakit paru atau sesak nafas, sedangkan yang ASN dari Kecamatan Koto Gasib ini memiliki riwayat sakit kista.

“Yang di Mempura ini memang sudah tua, sering mengalami sesak nafas. Sedangkan yang dari Koto Gasib ini rencananya akan melakukan operasi karena sakit kista. Saat dilakukan swab saat berobat ternyata positif,” ujar Jamal.

Karena pasien berinisial N ini pegawai, tentu rekan kerjanya di Dinas Pendidikan juga harus dicek dan dilakukan rapid tes. Dari laporan petugas medis sementara, seluruhnya hasil rapid tes negatif.

“Kalau nanti ada yang positif, mungkin aktivitas di kantor Disdik akan di nonaktifkan sementara. Sore ini kantor Dinas Pendidikan akan dilakukan penyemprotan disenfektan,” imbuh Jamal.

Selama pandemi Covid-19 ini, Pemkab Siak sudah melakukan Rapid tes untuk 6.447 orang dan yang reaktif itu 64 orang. Sementara untuk swab sudah 456 orang postif 6 orang.

“Jadi kami kembali ingatkan kepada masyarakat, jangan anggap sepele virus Corona ini. Mereka yang tidak bepergian keluar daerah juga bisa terkena virus Corona. Patuhi aturan yang ada dan selalu terapkan protoko kesehatan,” tutupnya.***(Inf/siak)