Alfedri Tegaskan Rakernas JKPI VIII Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

Siak(SegmenNews.com)- Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pustaka Indonesia (Rakernas JKPI) ke VIII tahun 2020 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 19-22 Desember 2020 mendatang di Siak Sri Indrapura.

Kegiatan berskala nasional tersebut direncanakan dengan pola minimalis, menyesuaikan bentuk dan rangkaian kegiatan dengan pemberlakuan kondisi New Normal pada saat ini.

Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan dalam Rapat Pembahasan Rakernas VIII JKPI yang diikuti sejumlah Anggota dan Dewan Presidium JKPI yang dilaksanakan Senin Siang, di Jakarta (20/7/20).

Diantara utusan yang hadir dalam rapat tersebut ialah perwakilah dari Pemerintah Daerah Belitung Timur, Baubau, Blitar, Sawahlunto, Palembang, Bogor, dan Pekalongan serta sejumlah perwakilan anggota dan presidium JKPI lainnya.

“Berdasarkan hasil rapat bersama presidium dan anggota JKPI, Rakernas dilaksanakan di Siak Sri Indrapura pada Desember mendatang dengan pola minimalis menyesuaikan Protokol Kesehatan di era New Normal saat ini. Artinya akan ada beberapa pengurangan item dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan,” kata Bupati Siak Alfedri, sekaligus Ketua Presidium JKPI.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama empat hari tersebut, diantaranya penyambutan kedatangan para peserta Rakernas di Siak Sri Indrapura di hari pertama, 19 Desember 2020 dengan jamuan santap malam dan temu ramah sesama Anggota JKPI di Balairung Datuk Empat Suku Kompleks Abdi Praja Siak Sri Indrapura.

Lanjutnya, pada hari Kedua pelaksanaan dilaksanakan Pembukaan Rakernas JKPI dan Pagelaran Budaya di Gedung Daerah Kecamatan Mempura, dan di hari Ketiga dilaksanakan lanjutan Pagelaran Budaya dan Seminar Kota Pusaka di Gedung Daerah dan City Tour.

“Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan Penutupan Rakernas di Gedung Daerah, sekaligus penyerahan tongkat estafet tuan rumah pelaksanaan Rakernas JKPI selanjutnya untuk Tahun 2021,” jelasnya. Sementara di hari keempat, dijadwalkan kepulangan para peserta kedaerah asal masing-masing.

Sebelumnya, kegiatan Rakernas JKPI dan Festival Kota Pusaka Indonesia direncanakan akan digelar pada Bulan April lalu di Siak Sri Indrapura, namun kemudian ditunda dikarenakan terjadinya Pandemi Global Covid 19. Penundaan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona yang menjadi pendemik dunia, termasuk Indonesia.(Inf/Siak)