Penerima Bantuan Covid – 19 Siak Bertambah, Jadi 18 Ribu KK

Siak(SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Siak menambah jumlah penerima bantuan Sembako Covid-19 dari anggaran pendapatan dan belanja daerah menjadi 18 ribu kepala keluarga (KK).

“Kita sudah evaluasi, pengecekan, verifikasi data, sembako, pertama, ada yang tercecer dan banyak yang belum bisa. Jadi, perbaikan saran dari 16,808 menjadi 18 ribu KK,” kata Bupati Siak, Alfedri, Sabtu (25/7/2020).

Maka dari itu, dia harus menugaskan inspektorat dan dinas sosial untuk melakukan pemeriksaan ulang ke lapangan. Hal ini perlu bantuan pada saat kedua sudah bisa memenuhi kriteria dan tidak ada yang tidak terakomodir.

Sementara untuk penyaluran bantuan keuangan dari provinsi rencananya akan disalurkan dengan Bank Riau Kepri. Jumlah keseluruhan sekitar Rp19 miliar dan sudah ada surat keputusannya juga harus sudah masukan awal bulan depan.

“Kita perlu percepatan bisa mulai menyalurkan bantuan sosialnya, tapi perbaikan data dulu,” katanya.

Berkaitan dengan eskalasi kasus Covid-19 di Siak dikembalikan kembali agar gugus bertugas mengingatkan tim pembinaan. Itu terkait pemberlakuan protokol kesehatan.

“Ini sudah ada persetujuan presiden, yang diberikan kearifan lokal. Jadi dikenakan hukuman bagi yang tidak menggunakan masker, sesuai regional kearifan lokal seperti di Jawa Barat,” ungkapnya.

Kemudian untuk organisasi perangkat juga agar mengetatkan protokol kesehatan yang terkait sudah memiliki aparatur sipil negara yang positif Covid-19. Seperti mengecek kesehatan dari tamu yang masuk. (Inf)