CS Kantor BKD Siak Terkonfirmasi Positif Covid-19

Siak(SegmenNews.com)-Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau bertambah 9 orang. Salah satu diantaranya berinisial R berusia 47 tahun (perempuan) yang bekerja sebagai Cleaning Servis (CS) di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Siak.

Saat mengetahui R terkonfirmasi positif Covid-19, sejumlah pegawai di kantor tersebut khawatir. Sebab R sehari-hari juga menjual makanan kepada pegawai di tempat ia bekerja.

“Dinas Kesehatan akan melalukan Rapid tes di kantor BKD. Untuk yang merasa kontak langsung dengan pasien R, sebaiknya jujur, agar dilakukan swab. Kalau tidak mau jujur, maka sulit bagi Pemkab Siak untuk memutus penyebaran Covid-19 ini,” kata Pj Sekda Siak, Drs Jamaludin saat dikonfirmasi GoRiau.com, Selasa (28/7/2020).

Dijelaskan Jamal, R merupakan Ibu dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berinisial R (laki-laki) yang merupakan klaster Mempura. Selain Ibu, ayah R yang berinsial AS (48) juga tertular virus Corona.

“Jadi ayahnya R dari klaster Mempura ini bekerja sebagai security di kantor Dinas Pariwisata Siak. Jadi satu keluarga, anak, ibu dan ayah kini dinyatakan positif Covid-19,” ujar Jamal.

Berdasarkan data hasil swab yang diterima oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak per tanggal 28 Februari 2020, ada penambahan 10 kasus baru, termasuk CS di Kantor BKD dan Security Kantor Dinas Pariwisata Siak.

“Jadi total pasien Covid-19 di kabupaten Siak saat ini sudah mencapai 52 orang. 6 diantaranya sudah sembuh, 1 yang dari Kandis beberapa bulan lalu dan 5 orang berinisial MR (18), DSS (35), AS (24), MA (18), dan N (50) dari klaster Dinas Pendidikan. Kemarin 1 orang inisial AM (50) dari klaster Dinas Pendidikan meninggal dunia,” kata Jamal.

“Dan 7 orang lagi yang baru ini inisialnya, DAP (12) perempuan dari klaster Mempura, TN (52) perempuan, Z (11) laki-laki klaster Kampung Dalam Siak, FA (25) laki-laki klaster Mempura, M (48) perempuan, MPS (21) perempuan dan RB (29) perempuan klaster Dinas Pendidikan yang kebetulan 1 rumah. Terakhir SR (25) perempuan warga Kecamatan Bungaraya. Suami SR ini bekerja di RSUD Tengku Rafian,” kata Jamal lagi menjelaskan.

Menindaklanjuti arahan yang disampaikan Bupati Siak, kata Jamal, warga Siak di seluruh Kecamatan wajib menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak dengan orang lain.

“Kita tidak bisa cuek lagi saat ini. Karena Covid-19 ini masih terus menyebarkan virusnya melalui orang yang sudah terkonfirmasi lebih dulu,” kata Pj Sekda.(Inf)