Covid-19 Mewabah, Pelajar di Siak Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis

Ilustrasi

Siak(SegmenNews.com)- Penerapan belajar di rumah menggunakan sistem online, semenjak mewabahnya virus Corona (Covid-19), banyak dikeluhkan oleh orang tua atau wali murid.

Selain sulitnya membagi waktu, biaya pulsa juga cukup memberatkan. Kini pemerintah tengah menyiapkan bantuan pulsa bagi pelajar melalui nomor telepon walimurid.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Lukman mengatakanpemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan akan memberi kuota gratis untuk pelajar, guru, mahasiswa dan dosen.

Kuota gratis yang diberikan Kemendikbud ini untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang berlangsung mulai bulan September hingga Desember 2020.
Setiap siswa akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

“Bantuan pulsa tersebut diberikan untuk mendukung para siswa yang saat ini melakukan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19. Karena proses pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 membutuhkan kuota internet,” kata Lukman kepada wartawan Selasa (1/9/2020).

Bagaimana cara agar siswa mendapatkan bantuan pulsa dari sekolah, Lukman menjelaskan, orangtua bisa langsung berkoordinasi denghan Wali kelas. Karena teknisnya memang sudah diatur.

“Orangtua silahkan memberikan nomor telepon yang digunakan untuk internet kepada pihak sekolah. Sebab nomor itu nanti akan dimasukan dalam data aplikasi Dapodik. Batas waktunya hingga 11 September 2020,” kata Lukman.(INF)