Bupati Siak Lantik Bapakem Koto Ringin

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Siak, Alfedri melantik anggota Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) Koto Ringin dan Kampung Merempan Hilir di Kecamatan Mempura.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di aula kantor Kampung Koto Ringin, belum lama ini.

Anggota Bapekam yang dilantik berjumlah dua orang, masing-masing dari Kampung Koto Ringin dan Merempan Hilir.

Usai melantik, Alfedri mengatakan bahwa penghulu (kepala desa) sebagai pemimpin dalam menjalankan sistem pemerintahan sangat membutuhkan peran serta Bapekam, sehingga hubungan yang harmonis diantara keduanya harus terjalin dengan baik.

“Badan Permusyawaratan Kampung juga memiliki fungsi kontrol yang bertujuan agarpemerintahan kampung menjadi lebih┬ádemokratis dan transparan,” katanya.

Lebih lanjut, Alfedri berharap kerjasama yang baik bukan hanya antar pemerintahan kampung dan Bapekam, namun juga dengan tenaga pendamping kampung yang beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan Rakor guna menyamakan persepsi terkait program dan kebijakan kampung.

Bupati Alfedri lantas mengajak kepada seluruh unsur pemerintahan kampung untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan setiap program dan kegiatan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APB Kampung).

Alfedri juga berpesan agar anggaran itu dipergunakan sebaik-baiknya untuk memberdayakan kesehatan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, namun harus sesuai dengan regulasi yang ada.

“Pesan saya, agar anggaran kampung digunakan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi dan kesehatan seperti memberdayakan UMKM, meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, serta perindustrian dan perdagangan.

Kemudian penyaluran bantuan sosial harus tepat sasaran, penyediaan sarana kesehatan, sehingga dapat membangun ketahanan ekonomi dan kesehatan masyarakat kampung di tengah pandemi Covid-19, disinilah peran lebih Bapekam diharapkan,” sebutnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten I Setdakab Siak Budhi Yuwono, Camat Mempura Desi Fefyanti beserta Upika Kecamatan Mempura, Penghulu se Kecamatan Mempura, Bhabinsa dan Bhabinkhamtibmas, serta tokoh masyarakat Kampung Koto Ringin.(INF)