Bupati Siak Tinjau Pembangunan Kolam Bioflok di Kandis

Bupati Siak Tinjau Pembangunan Kolam Bioflok di Kandis

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Siak Alfedri meninjau pembangunan kolam bioflok yang akan dikelola oleh Koperasi Karya Mandiri Jaya Berkah di Kampung Libo Jaya Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Alfedri bersyukur berkat kerjasama pemerintah kampung dan peternak, akhirnya Kementrian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutpri) mau membantu membangun sepuluh kolam bioflok di Kampung Libo Jaya.

“Alhamdulillah berkat perjuangan kita bersama, pembangunan kolam bioflok ini bisa terealisasi. Setelah ini diharapkan koperasi mampu mengelola bantuan ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian dimasyarakat,” kata Alfedri usai meninjau lokasi, Senin (14/11/2020).

Menurut Alfedri, jika membudidaya ikan lele dengan media sepuluh kolam bioflok ini, bisa dipanen dalam waktu tiga bulan. benih atau bibit ikan dapat ditabur hingga 30.000 ekor.

“Dalam satu kilo ada sekitar 6 ekor lele dijual dengan harga Rp20 ribu, jadi total keseluruhan ikan sekitar 4-5 ton, akumulasi keuntungan bisa sekitar Rp100 juta. Maka ini harus dimanfaatkan dengan baik, supaya hasil yang didapatkan juga maksimal,” pesannya.

“Setelah dapat keuntungan, jangan lupa menyisihkan modal untuk masa pemeliharaan selanjutnya seperti modal bibit dan pakan pelet. Jadi budidaya kolam bioflok tersebut terus berlanjut dan terus menghasilkan,” katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Siak, Susilawati mengatakan bantuan pembangunan kolam bioflok ini sangat terbatas, namun berkat campur tangan Alfedri, kolam bioflok akhirnya dibangun di Siak.

“Program bantuan kolam bioflok ini hanya dibangun 200 unit untuk seluruh Indonesia, dan alhamdulillah berkat bantuan dan perjuangan pak Alfedri, Siak mendapatkan jatah pembangunan kolam bioflok di Kampung Libo Jaya,” ucap Susi.***(INF)