Tiga Dokter dan Satu Perawat RSUD Rohul Positif Covid-19

Tiga Dokter dan Satu Perawat RSUD Rohul Positif Covid-19

Rohul(SegmenNews.com)-  Tiga Dokter dan Satu Perawat di RSUD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terkonfirmasi Covid 19, hal ini Keterangan Direktur RSUD Rohul dr. Novil Raykel ke wartawan.

dirinya membenarkan informasi tersebut, Kini keempat tenaga medis yang positif Covid-19 sudah diisolasi di RSUD Rohul.

Dikatakan Novil, empat tenaga medis diketahui terkonfirmasi positif, sesuai hasil Swab PCR dari Laboratorium Biomolekuler Pekanbaru, Senin (5/10/2020).

“Swab dilaksanakan dua hari lalu,  hasilnya kita terima hari ini, empat  tenaga medis kita terkonfirmasi positif COVID-19, 1 dokter spesialis, 2 dokter umum dan 1 lagi Perawat,” ujar Novil.

Disebut Novil, dengan adanya 4 tenaga medis terkonfirmasi positif COCID 19 akan menganggu pelayanan baik dari sisi psikis petugas medis yang bertugas dan juga masyarakat datang ke RSUD.

Kemudian Upaya menghilangkan keraguan petugas medis dan masyarakat dan juga dalam memutus mata rantai penularan, maka pihak RSUD Rohul mulai Selasa (6/10/2020), rencananya akan melakukan swab terhadap unit layanan di RSUD

“Selasa kita akan swab 24 petugas di UGD, selama menunggu swab keluar maka UGD akan tutup 2 hari atau hingga hasil Swab tenaga medis keluar. Nantinya selama ditutup, maka untuk layanan UGD dialihkan ke Rumah Sakit terdekat,” ungkapnya.

Swab akan dilakukan di unit lainnya, seperti poliklinik dan rawat inap. Selama menunggu hasil pemeriksaan swab layanan akan ditutup sementara.

“Target seminggu ini kita fokus melakukan tes swab masal ke tenaga medis. Bila ada yang positif maka akan langsung dilakukan Isolasi, maka kita harapkan minggu depan RSUD sudah beroperasi seperti biasanya,” kata Novil.

Pada kesempatan tersebut Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy mengatakan, dengan adanya tenaga medis terkonfirmasi positif COVID-19, itu jadi kode keras ke seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

“Hal ini sebagai kode keras, agar seluruh masyarakat. Karena dokter saja yang safety bisa kena COVID 19, apalagi kita masyarakat biasa. Untuk itu mari bersama tingkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, disiplin pakai masker, Jaga Jarak dan Menerapkan Pola Hidup bersih dan sehat,” himbau Masrul Kasmy.

Masrul Kasmy mengajak mensupport tim medis,  dengan selalu melindungi diri kita dan orang lain. Dengan mematuhi dan disiplin serta agar selalu menerapkan protokol kesehatan. BIla masyarakat kita disiplin, maka akan sangat membantu tenaga medis, karena angka kasus menurun. (pr/fit)