Satu Warga Sungai Apit Meninggal Dunia Karena Covid-19

Siak(SegmenNews.com)- Nyona EL (41) warga jalan Rintis Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kebupaten Siak, Riau meninggal akibat terpapar virus Corona atau Covid-19.

Ini merupakan kasus pertama untuk Kecamatan Sungai Apit. EL meninggal dan dinyatakan suspect Covid-19 di RSUD Tengku Rafian Siak.

Jenazah EL dimakamkan di TPU Kelurahan Sungai Apit sekitar pukul 10.45 Wib. Saat dilakukan pemakaman, pihak keluarga sempat tidak menerima proses pemakaman dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan meminta agar mengantarkan jenazah EL kediamannya terlebih dahulu.

Namun setelah diberikan pengertian, akhirnya keluarga EL menerima atas upaya tim kesehatan melakukan pemakaman sesuai dengan protokok Covid-19 dan tidak diperbolehkan lagi untuk melihat jenazah yang sudah siap untuk dimakamkan.

Selama pemakaman jenazah berlangsung, Rabu (14/10/2020) dikawal dari personil yang tergabung dalam gugus tugas Covid-19 Kecamatan Sungai Apit. Dihadiri pihak keluarga yang menyaksikan dari kejauhan.

Kepala Puskesmas Sungai Apit dr. Adrian Hidayat membenarkan bahwa pasien meninggal dunia akibat virus Covid-19 dan juga akibat gagal jantung.

Pihak Puskesmas Sungai Apit mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Siak tentang meninggalnya pasien EL karena Covid-19 sekitar pukul 05.15 WIB di RSUD Siak.

“Pengambilan test swab Covid-19 terhadap pasien EL tersebut sudah dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil positif Covid 19,” kata dr. Adrian kepada media.

Kapolsek Sungai Apit AKP Yudha Efiar yang turut hadir juga menyampaikan jenazah telah dimakamkan di TPU Kelurahan Sungai Apit tanpa ada kendala selama proses pemakaman berlangsung.

“Pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 selesai pada pukul 11.40 WIB dan berlangsung dalam keadaan dan situasi yang aman dan terkendali,” kata Kapolsek itu.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Kabupaten Siak sudah mencapai 956 orang positif dikutip dari corona.siakkab.go.id dengan rincian isolasi mandiri 114 orang, dirawat 86 orang, sembuh 736 orang dan meninggal 20 orang(inf Siak)