Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, RSUD Tengku Rafian Siak Tambah Tempat Tidur Baru

Siak(SegmenNews.com)- Dalam dua minggu terakhir, jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Siak sudah jauh menurun. Sebab pemerintah kabupaten Siak sudah menyiapkan beberapa tempat lain untuk isolasi pasien. Namun demikian, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19, RSUD Tengku Rafian Siak menambahkan tempat tidur pasien.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, Riau, dr Benny Chairuddin menyebutkan, tambahan kasur sebanyak 65 unit ini untuk di ruangan rawat pasien positif Covid-19.

“Beberapa bulan lalu jumlah pasien positif Covid-19 meningkat drastis. Sehingga untuk mengantisipasi agar tempat tidur cukup nantinya, diusulkan penambahan tempat tidur untuk di ruang isolasi,” kata Benny, Kamis (5/11/2020).

Dijelaskan Benny, dalam satu ruangan isolasi saat ini ada di tempat 4 sampai 5 orang pasien. Sebab ada mereka satu keluarga dan ada juga yang masih anak-anak.

“Kalau saat ini yang tengah dirawat di RSUD Tengku Rafian ada 30 pasien positif Covid-19. Untuk yang satu keluarga dan ada anak-anaknya kita jadikan 1 ruangan saja dengan jumlah kasur menyesuaikan,” sebut Benny.

Benny mengakui Pemkab Siak sangat cepat tanggap dalam menangani kasus Covid-19 ini. Sejumlah gedung yang masih aset Pemda Siak dimanfaatkan untuk tempat isolasi pasien positif Covid-19, seperti BLK dan Asrama Haji.

“Apalagi sekarang juga sudah ada RSUD Tipe D di beberapa kecamatan. Sehingga pasien tidak mesti langsung dirujuk ke RSUD Siak seperti yang sudah-sudah,” kata dr Benny.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak ini sangat bersyukur dengan banyaknya pasien positif Corona yang sembuh dan berkumpul kembali bersama keluarga.

“Makanya kami tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada. Selalu gunakan masker dalam setiap aktivitas, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Benny.***(inf Siak)