Zulkarnaen Remaja Asal Desa Merbau Kader Posyandu Terbaik Se-Indonesia

Zulkarnaen Remaja Asal Desa Merbau Kader Posyandu Terbaik Se-Indonesia

Meranti(SegmenNews.com)- Zulkarnaen remaja asal Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti mampu harumkan nama daerahnya ke tingkat nasional, dengan terpilih sebagai Kader Posyandu terbaik Se-Indonesia, bahkan dengan prestasinya itu Zulkarnain diminta menjadi Narasumber pada webinar yang diadakan oleh NI yang bekerjasama dengan BKKBN dan Kemenkes Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kadiskes Kepulauan Meranti, Dr. Misri Hasanto, M.Kes, kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

“Ya benar Zulkarnaen remaja asal Pulau Merbau berhasil mengharumkan nama Meranti ditingkat Nasional dengan terpilih menjadi Kader Posyandu terbaik Se-Indonesia,” jelas Misri.

berkat prestasinya itu dikatakan Misri, panitia webinar meminta Zulkarnaen untuk mendampingi dr. Weny dalam mengisi sesion talkshow webinar Posyandu remaja yang disiarkan secara Nasional pada tanggal 8 Desember 2020 nanti.

Menurut Dr. Misri Hasanto M.Kes, keberhasilan ini merupakan pancapaian terbaik dan pantas mendapatkan apresiasi, karena selain mengharumkan nama daerah, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kita mengapresiasi keberhasilan M. Zulkarnaen dalam menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja di Posyandu Remaja “Setia Pati” yang berada dibawah binaan Puskesmas Pulau Merbau. Hal ini perlu terus di tingkatkan, karena ada banyak manfaat yang dapat diraih dari program ini, salah satunya pembinaan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, yaitu masa tersebut adalah masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya”. Ujar Dr. Misri.

Selain itu dikatakannya lagi, keberadaan Posyandu Remaja juga akan memberikan dampak luas kepada masyarakat, terutama dibidang kesehatan, karena kader Posyandu mempunyai peran strategis dalam pencegahan bahkan menjadi garda terdepan pengendalian masalah stunting.

“Posyandu Remaja mempunyai peran strategis dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Stunting, hal ini akan mampu meningkatkan SDM Meranti dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, apa lagi Kepulauan Meranti termasuk daerah Lokus Priorotas Nasional pada Tahun 2020 ini”. Tambahnya.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh dr. Rio Harison, selaku dokter pembina, mengatakan kegiatan Posyandu Remaja merupakan kegiatan positif yang mengarah kepembinaaan pada masa peralihan usia remaja, karena dalam fase peralihan, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

“Program remaja merupakan program yang keberhasilan capaiannya sangat tinggi jika kita sungguh sungguh dalam menjalankannya, banyak masalah kesehatan yang bisa kita eliminasi, karena remaja bakalan menjadi calon ibu dan bapak untuk anak anaknya nanti, sehingga menanamkan pendidikan kesehatan remaja sejak dini sangat lah penting”. Ujarnya.

Lebih jauh, dr. Rio mengharapkan, agar semua Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat mengaktifkan Posyandu Remaja, karena dengan adanya kegiatan dan program-program dari Posyandu Remaja tersebut, remaja akan cenderung pada perlakuan yang positif, dan memberikan banyak dampak baik pada lingkungannya.

“Harapan saya semua Desa di Meranti aktif menggerakkan posyandu remaja dengan terintegrasi dengan program-program pendukung lainnya seperti UKS, BKR dan lainnya”. Pungkas dr. Rio Harison.

Menyikapi hal itu Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi Zulkarnaen. Dia sangat berterima kasih kepada Zulkarnaen atas kiprahnya dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kita sangat bangga pada Zulkarnanen. Selain telah mengharumkan nama daerah, Kiprahnya ikut membantu pola hidup sehat masyarakat khususnya melalui Posyandu Remaja patut diteladani oleh remaja lainnya dan kita semua karena itu sangat membantu membangun kesadaran hidup sehat dalam masyarakat kita,” papar Bupati.

Menurutnya, penglibatan milenial dalam membangun pola hidup sehat di tengah masyarakat merupakan sikap kreatif dan produktif, terlebih di masa pandemi covid-19 sekarang. “Sekali lagi saya ucapkan tahniah kepada Zulkarnaen dan seluruh pelopor Posyandu Milenial atas prestasi ini,” tegas Bupati.(Ags)