Bupati H. Adil Lakukan Monev di Kecamatan Pulau Merbau, Merbau dan Tasik Putri Puyu

Bupati H. Adil Lakukan Monev di Kecamatan Pulau Merbau, Merbau dan Tasik Putri Puyu

Meranti(SegmenNews.com)- Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di Kecamatan Pulau Merbau dan Tasik Putri Puyu sekaligus silahturahmi bersama warga.

Kegiatan tersebut dalam rangka melihat kondisi infrastruktur dan menyerap aspirasi warga, melalui program “Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati”, Sabtu (3/4/2021).

Lokasi pertama yang dikunjungi Bupati adalah Desa Maran Melintang Pulau Merbau, disitu Bupati H.M Adil dan rombongan berkesempatan meninjau SMPN 3 Pula Merbau yang terkena abrasi air laut, sebagai solus Bupati meminta kepada Kades yang didukung Dinas Pendidikan Meranti untuk melakukan penimbunan.

Usai meninjau sekolah, Bupati langsung menggelar pertemuan dengan Camat, Kades dan para tokoh masyarakat untuk mendengarkan masukan dan saran terkait pembangunan di Kecamatan Pulau Merbau.

Dalam pertemuan itu, Kades Baran Melintang Penti Kurniawan mengucapkan terima kasih yang tinggi atas kunjungan Bupati dan rombongan di Desa Baran Melintang.

Selanjutnya dikatakan Kades Baran Melintang merakan daerah potensial untuk dijadikan lokasi pengembangan budidaya ikan keramba untuk itu ia berharap dukungan dari Pemkab. Meranti untuk menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata perikanan.

Setelah mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh masyarakat, Bupati H.M Adil, berjanji akan berupaya membangun Kecamatan Pulau Merbau. Diantara yang menjadi prioritas Bupati adalah pembangunan jalan tanah penghubung Centai-Tj. Bunga dan Renak Dungun.

Kemudian untuk penunjang pelayanan kesehatan Bupati juga akan memberikan Ambulance Laut yang akan disiagakan di Desa Baran Melintang. Kemudian kepada Desa Bupati meminta penganggaran dana untuk mengirimkan anak-anak di Desa untuk belajar di Pesantren.

“Semua Desa wajib mengirimkan minimal 6 Santri untuk belajar di Pesantren agar nantinya dimasing-masing Desa terdapat Hafiz Al-Quran,” ujar Bupati Adil.

Selanjutnya dalam pertemuan bersama Camat dan tokoh masyarakat Pulau Merbau, Bupati juga menyampaikan 7 Program Strategis yang akan dijalankan selama kepemimpinannya.

Diantaranya pembuatan KTP Online 1 hari siap, Bea Siswa Pendidikan untuk anak-anak Meranti target 1 Desa 50 Sarjana baik S1, S2 dan Doktoral.

“Pemkab. Meranti telah menganggarkan dana 12.5 Miliar silahkan anak-anak Meranti yang mau kuliah,” ucapnya.

Kemudian untuk mobilitas siswa penunjang proses belajar mengajar Pemkab. Meranti tahun ini akan memberikan sepeda gratis bagi anak SD Kelas 4,5,6 dan SMP Kelas 1,2 dan 3.

“Tahun ini kita akan memberikan 6 ribu sepeda gratis untuk anak-anak Meranti,” ujar Bupati.

Bukan hanya sepeda gratis Pemkab. Meranti juga akan memberikan baju gratis bagi anak PAUD, TK dan SD yang baru mendaftar. Dan yang juga dinanti adalah memberikan honor kepada para guru komite Sarjana S1 sebesar 2 Juta Rupiah/Bulan.

Serta umbroh gratis bagi para Imam Masjid dan Mushola di Meranti dan 20 orang Qori dan Qoriah yang berhasil meraih prestasi gemilang pada MTQ Kabupaten Tahun 2021 ini.

Bupati dan rombongan juga berkesempatan meninjau kondisi pasar Suka Ramai Teluk Belitung Kec. Merbau, pada keseatan itu Bupati berjanji kepada para pedagang untuk merehap bangunan pasar Teluk Belitung agar terlihat lebih rapi dan representatif.

Usai melakukan kegiatan di Kecamatan Pulau Merbau, rombongan bergeser menuju Kecamatan Tasik Putri Puyu tepatnya Desa Bandul.

Disini Bupati H.M Adil, juga menggelar silahturahmi dan dialog dengan masyarakat. Ada beberapa prioritas pembangunan yang diusulkan warga kepada Bupati H.M Adil, serti disampaikan Toha salah seorang tokoh masyarakat mengusulkan pembangunan jalan Mengkirau sampai Tj. Padang dapat menjadi prioritas dalam upaya mendongkrak ekonomi dan kesejateraan masyarakat.

Selain itu juga pengadaan Kempang dibeberapa Pelabuhan yakni Kuala Asam, Pacul, Tj. Pisang yang saat ini jumlahnya sedikit.

Kemudian juga pebaikan jalan menuju Pelabuhan Tj. Padang yang tidak bisa dilalui jika hujan turun.

Setelah mendengarkan semua masukan dari masyarakat Bupati H.M adil berjanji akan mengupayakan realisasi usulan tersebut sesuai dengan kekuatan anggaran yang ada.

Salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan Pelabuhan Permanen di Selat Akar dengan menggunakan dana DAK.

Kemudian seperti biasa Bupati Adil, juga memaparkan 7 program prioritasnya diantara yang disampaikan adalah akan mencetak ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (Sapi, Kambing, Ayam), Petani dan Nelayan dan memberikan Pelatihan Masyarakat Pada Balai Latihan Kerja Agar Mandiri dan mampu membuka lapangan kerja baru. Selain itu Program Keluarga Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu di Kepulauan Meranti dengan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bupati juga berkesempatan mengunjungi Kantor Camat Tasik Putri Puyu untuk berdialog dengan para Kepala Desa. Kepada Kepala Desa Bupati mengingatkan agar penggunaan Anggaran Dana Desa disinergikan dengan 7 program strategis Bupati. Sehingga apa yang direncanakan yakni Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat dapat sukses dari Kabupaten hingga pelosol Desa.

Selain itu Bupati juga menyampaikan kabar gembira kepada Kades dimana Kabupaten akan memberi tambahan dana operasional Kades sebesar 50 ribu/hari.

Lokasi terakhir yang dikunjungi Bupati H.M Adil dan rombongan adalah Desa Sungai Anak Kamal di Kecamatan Merbau, disitu Bupati bersilahturahmi dengan masyarakat setempat seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan warga kepada dirinya. Kepada masyarakat Bupati berharap untuk tetap jaga kekompakan karena tanpa kerjasama semua pihak membangun Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat tentu sangat sulit.

“Mari kita jaga kekompakan menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat,” pungkas Bupati Adil.(Ags)