Wabup H. Asmar Buka Festival Lampu Colok 27 Ramadhan 1442 H

Wabup H. Asmar Buka Festival Lampu Colok 27 Ramadhan 1442 H

Meranti(SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar, membuka secara resmi Festival Lampu Colok 27 Ramadhan 1442, kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Meranti dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri itu, dipusatkan didepan Kantor Bupati Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Sabtu (8/5/2021) Malam.

Pembukaan Festival Lampu Colok langsung dilakukan oleh Wakil Bupati H. Asmar bersama Forkopimda yang ditandai dengan menghidupkan Lampu Colok yang berada tepat dijalan Dorak, depan Kantor Bupati Meranti yang dilanjutkan dengan menyaksikan tarian api yang disajikan oleh para pemuda Meranti.

Seperti dijelaskan Kadisparpora Meranti Rizki Hidayat, kegiatan ini merupakan Ivent tahunan dalam rangka melestarikan budaya lokal Meranti agar tak lekang dimakan zaman, selain itu sebagai sarana promosi daerah, sarana bagi pemuda dan pemudi untuk berkreasi, serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif ditengah masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya Festival ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Meranti yang dapat meningkatkan ekonomi serta kreatifitas masyarakat,” ucap Kadisparpora.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program strategis Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar, yakni peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor ekonomi kreatif.

Selanjutnya untuk memotivasi masyarakat dalam membuat Lampu Colok dengan berbagai bentuk, pihaknya dikatakan Rizki akan memperlombakan Festival Lampu Colok ini dan kepada peserta yang memiliki desain terbaik akan dibarikan hadiah yang akan diserahkan pada akhir Ramadhan nanti.

Menyikapi kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Asmar, mengucapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Festival Lampu Colok yang sudah menjadi budaya masyarakat Melayu Meranti itu, ia berharap dengan adanya Festival Lampu Colok itu dapat melestarikan kegiatan positif tersebut agar tetap lestari sampai kapanpun.

“Semoga dengan adanya Festival Lampu Colok ini, apa yang telah mejadi budaya masyarakat Melayu Meranti dapat terus lestari sepanjang masa,” harapnya.

Dan yang paling penting Wabup H. Asmar, berharap kegiatan ini dapat menjadi alat pemersatu antar masyarakat dengan begitu dapat saling mendukung demi kemajuan Meranti dimasa yang akan datang.

Terakhir karena saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, Wabup Meranti H. Asmar, mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan secara konsisten dengan melaksanakan 3 M yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan, dengan begitu diri, keluarga dan masyarakat Meranti dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Sekedar informasi dalam kesempatan itu, Wabup Meranti H. Asmar juga berkesempatan meninjau salah satu Lampu Colok kreasi masyarakat yang berada di Jakan Khalifah Umar Gg. Permai yang cukup menakjubkan, dimana Lampu Colok sebanyak 7000 ribu buah dibentuk sedemikian rupa menjadi masjid 3 dimensi.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, Anggota DPRD Meranti, Plt. Asisten III Sekdakab. Meranti Sudandri, Kepala Dinas Parpora Meranti Rizki Hidayat, serta Jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Mewakili Polres Meranti Kasat Intel, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.(Ags)