Momen Maulid, Bupati Meranti Ajak Masyarakat Bersyukur dan Teladani Nabi Muhammad SAW

Momen Maulid, Bupati Meranti Ajak Masyarakat Bersyukur dan Teladani Nabi Muhammad SAW

Meranti(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar doa bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah pada Senin (18/10/2021), bertempat di Masjid Dharul Ulum.

Dikesempatan itu, Bupati Meranti, HM Adil,SH pun mengajak masyarakat, khususnya yang beragama muslim, untuk meneladani ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan bersyukur atas Rahmad yang diberikan oleh Allah SWT.

Turut hadir Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Ketua MUI H Mustafa, Ustad H Magfiroh MA Sebagai Penceramah dan Para Pejabat dilingkungan Pemkab Meranti dan Forkompinda, Pimpinan Instansi Vertical, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. Acara tersebut di awali dengan pembacaan ayat suci oleh Zulfan Efendi dan di lanjutkan dengan pembacaan sholawat Dr H Magfiroh MA.

Bupati juga mengajak semua elemen masyarakat untuk meningkatkan iman, amal ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Kita semua berharap dan berdoa, semoga peringatan Isra’ Miraj tahun ini dapat mempertebal keyakinan kita kepada Allah SWT, meyakini kebenaran atas risalah kenabian Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ajak HM Adil, SH.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Mudahan kita dapat memetik pelajaran dari apa yang disampaikan ustadz nantinya. Bagian Mudah-Peringatan Maulid Nabi adalah momen penting dalam sejarah peradaban manusia sepanjang masa, baik pada era tradisional maupun pada era modern seperti saat ini, pada peringatan Maulid ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran, khususnya dari sejarah hidup Rasulullah dan peradaban dunia lebih dari 14 abad yang lalu.

Makna paling mendasar yang dari peringatan Maulid Nabi Muhammad adalah untuk mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rosulullah SAW dapat tdieladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam tataran ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan Iman dan Taq’wa serta semakin tingginya kesalehan Sosial.

Keteladanan Rosul yang saat ini hampir punah, harus dihidupkan lagi yang diawali dengan menjalin mempererat kebersamaan, silaturahmi, persaudaraan rasa mengingat gotong-royong, masyarakat saat ini sudah kurang peduli lagi banyak yang tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, padahal Islam merupakan agama yang mengajarkan ketertiban, keindahan, kebersihan dan kesehatan lingkungan, sebagaimana.

“Untuk itulah marilah kita bertafakur yang penuh dengan sampai sejauh mana kita dapat melaksanakan contoh tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari guna mewujudkan Masyarakat Kepulauan Meranti yang “Baldhatun Thoyyibatun wa’robbun Ghofur. Jamaah yang dimuliakam Allah, Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat, lindungan dan ridho-Nya kepada kita semua Aamiin ya Robbal’allamin.

“Kemudian saya ingatkan kembali bahwa jika ada anak-anak kita yang mau kuliah silahkan ikut semuanya di tagung secara gratis sesuai perogram 7 strategis, hal ini dilakukan agar anak yang di Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan pendidikan yang layak untuk menjadi generasi penerus, saya ingatkan kembali kalau yang belum vaksin harus melaksanakan agar tidak terpapar Covid-19, tolong dikasi tau tetangganya dan warga,” sampai H Muhammad Adil SH.

Tak lupa bupati meminta dinas terkait membuat pertandingan Berzanji/Sholawat di Masjid maupun Mhusola agar negri kita Kabupaten Meranti mendapatkan berkah.***(dm)