Gubernur Riau Pimpin Penanaman 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis

Gubri Drs H Syamsuar bersama istri Hj. Misnarni Syamsuar menanam Bibit Mangrove

SegmenNews.com- Dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan pencanangan penanaman 200.000 bibit mangrove di Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Selasa (26/07/2022). Di kesempatan tersebut, Syamsuar juga meluncurkan Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Provinsi Riau dalam rangka mendukung program Riau Hijau.

Kedatangan Gubernur Riau bersama rombongan di Desa Buruk Bakul disambut meriah oleh Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, beserta jajarannya dan warga sekitar.

Pada acara tersebut juga dilakukan Peluncuran Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Provinsi Riau. Kegiatan tersebut sejalan dengan mendukung Riau hijau. Gubri Syamsuar mengucapkan selamat hari mangrove sedunia yang diperingati secara Internasional pada 26 Juli 2022.

Ia mengungkapkan, bahwa pada saat pertemuan di Bali bersama Bappenas beberapa waktu lalu, Gubernur Riau telah memaparkan komitmennya terhadap penghijauan, bahkan ia menyatakan Riau akan siap untuk bisa dijadikan paru-paru dunia.

“Selamat Hari Mangrove Sedunia, saya rasa ini memang telah menjadi komitmen kita bersama untuk menjadikan Riau hijau. Pada saat pertemuan dengan Bappenas di Bali lalu, kami sudah punya komitmen dengan hal itu. Sehingga tentunya Riau diharapkan mampu menjadi paru-paru dunia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa Provinsi Riau memiliki luas mangrove mencapai 224.895 hektare. Dengan begitu, tentunya tanaman tersebut harus dijaga. Hal ini untuk mengatasi tekanan abrasi pantai khususnya di wilayah pesisir Provinsi Riau.

“Mudah-mudahan dari komitmen kita bersama ini kami yakin dan percaya, apalagi didukung oleh kelompok tani hutan. Sehingga ke depannya akan dapat menyelamatkan mangrove dan mempertahankannya untuk mengatasi abrasi pantai di pesisir Riau,” jelasnya.(Galeri)

Berikut Galeri Fotonya:

Gubernur Syamsuar memberikan amanatnya
pencanangan penanaman 200.000 bibit mangrove di Desa Buruk Bakul
pencanangan penanaman 200.000 bibit mangrove di Desa Buruk Bakul
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan pencanangan penanaman 200.000 bibit mangrove di Desa Buruk Bakul
Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Gubri Drs H Syamsuar memperingati Hari Mangrove Sedunia di Kuala Sungai Sekat Bakau, Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Selasa
Bibit mangrove
Penanaman bibit mangrove