Waspada! Pekanbaru Alami Cuaca Ekstrim

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pekanbaru masih dihadapkan dengan cuaca yang ekstrem pada bulan November dan Desember. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan cukup tinggi di akhir tahun 2022 ini.

“Pada siang hari, cuaca cukup panas. Sedangkan di malam hari, cuaca hujan. Maka, potensi-potensi bencana bisa saja terjadi,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru Zarman Candra usai apel gelar pasukan siaga bencana di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (21/11).

BPBD selalu memantau informasi kebencanaan melalui BMKG. Disampaikan BMKG bahwa intensitas hujan cukup tinggi pada bulan November dan Desember.

“Maka, kami perlu melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan,” ucap Zarman.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) WaliKota sudah melakukan upaya-upaya mitigasi bencana alam. Pada 6 Juni 2022 lalu, Pj wali kota sudah mencanangkan Pekanbaru Bersih.

“Pj WaliKota juga sudah melakukan upaya-upaya penanganan banjir seperti normalisasi sungai dan drainase dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sehingga sebelum memasuki musim hujan seperti bulan ini, Pemko telah melakukan langkah-langkah antisipasi di 15 kecamatan,” jelas Zarman.

Meski begitu, BPBD tetap mewaspadai sungai Sail. Karena banjir sempat terjadi beberapa kali di permukiman warga di bantaran sungai Sail akibat pasang sungai Siak. (Dmf)