Jadi Tuan Rumah Nasional Halal Fair, Gubri Berharap Berdiri Perusahaan Riset Halal

Gubernur Riau Syamsuar

Pekanbaru(SegmenNews.com)-
Provinsi Riau masuk dalam salah satu Provinsi dari 8 Provinsi yang ditunjuk sebagai Provinsi menjalankan program nasional halal fair tahun 2023, sebagai wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Ke 8 Provinsi tersebut diantaranya, DKI Jakarta, Riau, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Sumatra Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, kepada jamaah Masjid Nurul Huda, Pekanbaru, pada safari Ramadan, Minggu (2/4). Gubri menyampaikan Provinsi merupakan salah satu daerah yang banyak umat muslimnya, sehingga perlu digerakkan gerakan ekonomi syariah, termasuk adanya program halal fair.

“Berkaitan dengan syariah inikan ada kegiatan komite daerah ekonomi syariah, ini juga sebenarnya arahan dari komite nasional ekonomi dan keuangan syariah (KNKES). Jadi ada 8 Provinsi yang ditetapkan semacam halal fair. Nanti di Riau ada nanti di Masjid An Nur, satu lagi ada di Masjid Raya dan ada beberapa Mall, termasuk fashion halal. Dalam rangka menggerakkan ekonomi syariah, dan ini kemajuan dari ekonomi syariah yang ada di Riau,” kata Gubri.

Dijelaskan Gubri, dengan gerakan ekonomi syariah di Riau ia menghimbau kepada masyarakat, untuk ikut mendukung kegitan halal fair dan Riau sebagai tuan rumah dari 8 Provinsi. Gubri pun berharap ada salah satu riset halal berdiri di Riau, sehingga umat muslim memastikan bahwa yang dimakan tersebut merupakan makanan yang betul-betul halal.

“Saya banyak menyampaikan pentingnya halal ini, bagaimanapun kita sebagai umat Islam berkewajiban mengembangkan syariah ini. Dimana makan yang kita makan ini betul-betul halal. Oleh karena itulah kami berharap semoga dimasa yang akan datang berdiri perusahaan riset halal di Riau, dan meyakinkan masyarakat muslim disini bahwa produk betul-betul halal,” kata Gubri. ***(inf)