Bupati Siak Raih Lencana di HUT Ke-66 Riau

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak Husni Merza mewakili Bupati Alfedri menerima penghargaan Lencana Wira Bangun Desa.

Lencana itu diberikan atas upaya dan kerja keras dalam memajukan dan memandirikan desa dari Gubernur Riau Syamsuar.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Riau Syamsuar pada apel puncak peringatan HUT ke-66 Provinsi Riau di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, hal itu merupakan komitmen provinsi dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan desa.

“Kami telah membangun 1.541 desa di Provinsi Riau. Ini sudah berlangsung sejak 2019 sampai 2023,” terangnya.

Total dana yang sudah dikucurkan mencapai Rp1,12 triliun. Sebelumnya lebih dari 400 desa masih tertinggal, namun sejak adanya bantuan keuangan khusus dari Provinsi Riau, banyak desa yang maju dan mandiri

Dengan adanya bantuan keuangan khusus dari provinsi, kata Gubernur Syamsuar, keberhasilan status IPM Riau menjadi naik ke peringkat tujuh secara nasional.

“Saat ini, desa tertinggal atau sangat tertinggal angkanya terus berkurang,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan bantuan keuangan khusus yang disalurkan Pemerintah Provinsi Riau sangat dirasakan dampaknya bagi kemajuan desa.

“Hari ini saya mewakili Bupati Alfedri, menerima penghargaan dari Gubernur Riau Syamsuar,” kata Wabup Husni.

Penghargaan ini didapat atas komitmen Pak Bupati dalam mendorong kampung tumbuh dan mandiri melalui Program Pemberdayaan Masyarakat.

Wabup Husni juga menyebutkan banyak kampung di Kabupaten Siak, melalui bantuan keuangan provinsi, kabupaten dan pusat dikelola dengan baik melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam), sehingga desa menjadi mandiri.

“Jika terwujud Kabupaten Siak sebagai Kota Wakaf, Kabupaten Siak akan menjadi percontohan bagi seluruh daerah di Indonesia,” katanya.(inf)