PPBI Bengkalis Raih Bonsai Besten dan Best In Species Terbaik

PPBI Bengkalis Raih Bonsai Besten dan Best In Species Terbaik

Siak(SegmenNews.com)- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bengkalis berhasil meraih Bonsai Besten dan Best In Species terbaik diajang Pameran Nasional Bonsai.

Yang digelar di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, pameran dimulai tanggal 9-10 Desember 2023 bertempat di Kantor Camat Tulang.

Diajang tersebut, PPBI Cabang Bengkalis diikuti sebanyak 13 pohon unggulan di kontes pameran nasional PPBI Cabang Kabupaten Siak tahun 2023 meraih prestasi mengharumkan Bengkalis yang terdiri dari beberapa kelas
Kelas prospek diantaranya.

1. Anting putri ( wrightia riligiosa) small
predikat baik(azril)
2. Anting putri ( wrighti riligiosa) medium  predikat baik sekaki( azril)
3. Anting putri ( wrightia riligiosa) medium  predikat baik sekali ( mamut bento)
4. Anting putri ( wrightia riligiosa) small  predikat baik sekali( ikhsan).

Selanjutnya kelas pratama :
1. Anting putri (wrightia riligiosa) larga
predikat baik (epi)
2. Anting putri ( wrightia riligiosa) large
predikat baik (epi)
3. Anting putri ( wrightia riligiosa)  medium predikat baik sekali ( maksum)
4. Anting putri (wrightia riligiosa) medium predikat baik ( ipan)
5. Anting putri (wrightia riligiosa) medium predikat baik sekali( maksum)
6. Anting putri (wrightia riligiosa) small baik sekali (maksum).

Berikutnya kelas madya:
1. Anting putri (wrightia riligiosa) small
Predikat besten dan best in species (maksum)
2. Anting putri (wrightia riligiosa) medium predikat baik (ikhsan)
3. Hokianti (cormona retus) large predikat baik sekali (Adi Benka)

Pohon yang diturun di Pamnas PPBI Siak tahun 2023 adalah pohon seleksi dari kontes Pamnas PPBI di Palembang tahun 2020. Sementara Pamnas PPBI Padang 2021, Pamnas PPBI Jambi tahun 2022,
Pameran lokal PPBI Rengat tahun 2022 dan Pamnas PPBI Pekanbaru tahun 2022 .

Peserta kontes Pameran Nasional PPBI Siak tahun 2023 ini perserta kontes nasional yang diikuti dari antara lain
PPBI Bengkalis, PPBI Kota Pekanbaru,
PPBI Pelembang, PPBI Rengat, PPBI Tembilahan, PPBI Jambi, PPBI Dumai,
PPBI Medan, PPBI, Lubuk Linggau, PPBI Padang.

Sementara tuan rumah Pameran Bonsai Nasional PPBI SIAK menurunkan peserta kontes sebanyak 502 terdiri dari kelas bahan, prospek pratama dan madya.

Pamnas Bonsai ini, menghadiri juri nasional diantara Maya rusmayadi (dewan juri) Bandung, Wahyudin Sambas (juri utama) Bandung Syarif Hidayat (juri utama) Cianjur, Bambang Suroso (juri Utama) Bogor, Jonis Arsyad (juri madya) Lampung Utara, dan Ahmad Zidan (juri madya) Lubuk Linggau.

Atas nama PPBI Cabang Bengkalis
berserta pengurus dan anggota, Ketua PPBI  Bengkalis Muhammad Afrizal mengucapkan selamat dan taniah para kontestan PPBI Bengkalis yang telah berhasil meraih juara.

Dengan adanya kontes serta prestasi yang diraih skala nasional ini sangat berarti bagi regenerasi para pencinta Bonsai serta pelaku seni lainnya dalam meningkatkan motivasi, inovasi, kreatifitas khususnya dalam meningkatkan ekonomi kreatif, seni kerajinan tangan merangkai pohon lebih meluas di Kabupaten Bengkalis.

“Mudah-mudahan PPBI Cabang Bengkalis  bisa mewujudkan Pameran di Negeri Junjungan berkalaborai bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis kedepannya,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ketua PPBI Bengkalis, bagi peserta menang kontes akan diikut sertakan diajang piala Presiden di Surabaya pada tahun 2024 mendatang.

Sementara itu Syahruddin salah satu pembina dari PPBI Kabupaten Bengkalis menyampaikan semangat dan apresiasi kepada peserta PPBI Bengkalis dalam meraih prestasi  besten dan best in species, terbaik di kontes dan pameran nasional di Siak tahun 2023.

“Dengan harapan ke depan menjadi lebih baik dan terbaik untuk PPBI Cabang Bengkalis, jaya, hebat dan maju selalu untu Kabupaten Bengkalis, serta mendukung mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera (Bermasa),”pungkasnya.***(imam/hm)