Banjir Masih Terjadi di Pekanbaru

Banjir beberapa waktu lalu di Jalan Sudirman Ujung Pekanbaru (foto: warga)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Sejumlah wilayah di Riau terendam banjir, termasuk di Kota Pekanbaru. Salahsatunya di wilayah Rumbai seperti di Jalan Gotong Royong, Perumahan Witayu, serta Jalan Sekolah belakang Koramil.

Banjirnya tersebut terjadi lantaran tingginya air Sungai Siak. Sehingga merendam permukiman hingga badan jalan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku tidak bisa berbuat banyak dalam hal penanganan banjir di Rumbai saat ini sebab air yang merendam pemukiman warga merupakan luapan air sungai Siak.

Sementara itu terkait ruas jalan yang terendam akibat banjir pihaknya pun siap untuk meninggikan jalan tersebut. Hal itu akan dilakukannya jika upaya tersebut bisa mengatasi banjir yang ada.

“Kalau mau hari ini kita tinggikan jalannya, tuntas dia. Tapi ini jangan lah diviral-viralkan,” katanya.

Muflihun mengajak media massa bisa memberi masukan kepada masyarakat lewat berita. Mereka bisa mengajak masyarakat di pinggiran sungai untuk waspada ancaman banjir.

Dirinya menyebut rata-rata Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Pekanbaru dalam kondisi banjir. Ada beberapa titik wilayah terkena dampak luapan Sungai Siak.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke drainase, parit hingga sungai. Menurutnya, banjir tidak hanya bencana alam tapi ada yang terjadi akibat sampah manusia.

“Itu saya bilang, mulai saat ini kita goro, membersihkan sampah yang ada di parit-parit kita sendiri minimal di depan rumah kita sendiri,” imbaunya.***(mc)