Air Surut, Tenda Pengungsian di Rumbai Mulai Dibongkar

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Camat Rumbai Vemi Herliza, memastikan tidak ada lagi warga di Rumbai yang mengungsi ke tenda pengungsian akibat banjir. Warga di empat kelurahan di Kecamatan Rumbai yang sebelumnya terdampak banjir yakni di Kelurahan Sri Meranti, Meranti Pandak, Palas dan Umban Sari kini telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Vemi Herliza mengatakan, saat ini ketinggian air sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan sebelumnya, tetapi masih ada beberapa di daerah Rumbai yang masih tergenang tetapi tidak terlalu tinggi lagi.

“Warga di Perumahan Witayu yang sebelumnya mengungsi di tenda pengungsian, saat ini sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Tadi malam terakhir, tetapi untuk tenda pengungsian masih berada di lokasi, mungkin hari ini sudah mulai di bongkar karena warga yang terdampak banjir sudah kembali kerumahnya masing-masing,” ujar Vemi Herliza, Sabtu (20/1/2024).

Terkait bantuan kepada warga di Kecamatan Rumbai telah melakukan pendataan bagi warga yang terdampak banjir, dengan memasukkan data untuk bisa diajukan mendapatkan bantuan.

Vemi menyebut, Ada sekitar 2.263 orang yang sudah terkumpul berdasarkan NIK yang nantinya akan diajukan untuk mendapatkan bantuan.

“Yang penting kan kita ajukan dulu, apakah nanti mereka mendapatkan bantuan seperti bantuan cadangan pangan, atau bantuan apalah namanya,” Pungkasnya.

Sebelumnya, banjir terjadi di permukiman dan ruas jalan di beberapa wilayah di Kota Bertuah. Warga pun harus mengungsi akibat banjir. Pasalnya, ketinggian air, khususnya di Perumahan Witayu, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai Pekanbaru cukup tinggi. **)dmf)