Pemko Pekanbaru Jalankan Berbagai Program Keagamaan

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Selain menjalankan berbagai program sosial kemasyarakatan dan infrastruktur, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga menjalankan program di bidang keagamaan. Ini disampaikan Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, M.AP melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Rabu (28/2).

“Kita melanjutkan program pembinaan rumah ibadah melalui Masjid Paripurna. Kemudian melanjutkan program pembinaan guru-guru agama dengan pemberian insentif bagi guru TPQ, RA, MDTA atau PDTA,” ungkap Masykur Tarmizi, Rabu pagi.

Lebih jauh diungkapkan Masykur Tarmizi, pemerintah juga menjalankan program pembinaan rumah tahfiz dengan memberikan insentif kepada guru tahfiz. Kemudian program pembinaan muballigh dengan pemberian insentif dan pembayaran premi BPJS Ketenagakerjan bagi para muballigh kota Pekanbaru.

Program pembinaan rumah ibadah yang merupakan pengembangan dari program Masjid Paripurna, dengan memberikan insentif bagi imam masjid dan musolla se kota Pekanbaru dan memberikan bantuan peralatan shalat bagi imam masjid se- Kota Pekanbaru.

“Pemerintan kota menjalankan rogram peringatan hari besar Islam (PHBI), seperti Pekanbaru maulid Festival, Gema Isra’ Mi’raj dan Pekanbaru Hijriah Festival. Ada juga program ibadah umroh bagi imam masjid, pengurus masjid, kader BKMT dan lainnya,” terangnya.

Untuk diketahui, Pemko Pekanbaru saat ini juga menjalankan lima program prioritas Pj Wali Kota, seperti bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu, santunan kematian, subsidi bunga pinjaman bank untuk pelaku usaha mikro.

Kemudian Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) melalui program Universal Health Coverage (UHC), dan terakhir program kunjungan rumah masyarakat hidup sehat (Kurma Manis) atau doctor on call.***(dmf)