Prakiraan Cuaca Hari Ini di Riau

Pekanbaru(SegmenNewa.com)- BMKG Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah Riau masih berpotensi diguyur hujan pada hari ini, Rabu (20/3/2024).

Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya G menyampaikan bahwa pagi hari ini, udara kabur dan berawan. Dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kuantan Singingi.

Lalu, siang hingga sore harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Siak dan  Pekanbaru.

Lalu, malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Siak, Kampar, dan Pekanbaru.

Sedangkan, dini harinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, dan Dumai.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi pada pagi dan sore hingga malam hari,” kata Sanya.

Sedangkan, untuk suhu udara diprediksi berada dalam rentang 23.0 – 32.0 °C, sementara kelembapan udara berkisar antara 55 – 99%.

Angin diperkirakan bertiup dari arah Barat Laut ke Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. “Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah),” jelasnya.

Pada pembaruan pukul 23.00 WIB, total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera mencapai 185. Dari jumlah tersebut, sebagian besar terkonsentrasi di beberapa provinsi, di antaranya Bengkulu dengan 42 titik, Sumatera Barat 24 titik, dan Bangka Belitung dengan 27 titik, Jambi dan Lampung masing-masing 6 titik. Sumatera Selatan 16 titik, Sumatera Utara 12, Kepulauan Riau 4 titik.

Wilayah Riau memiliki total 48 titik hotspot, dengan paling banyak terdapat di Dumai (15 titik) dan Pelalawan (22 titik), diikuti oleh Rokan Hilir, Siak, Indragiri Hulu, dan Kepulauan Meranti, masing-masing dengan 2 titik hotspot.***(mr)