Sejumlah Mahasiswa Desak Imigrasi Selatpanjang Tingkatkan Pelayanan dan Evaluasi Kinerja Petugas

Sejumlah Mahasiswa Desak Imigrasi Selatpanjang Tingkatkan Pelayanan (foto:Muzakar Salim/segmennews)

Meranti(SegmenNews.com)- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Pemantau Kebijakan Pusat dan Daerah ( BPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama R -Tika dan, PMII, IMM, Fabem, Stai melakukan aksi unjuk rasa di kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Selatpanjang, Rabu (17/4/24).

Aksi mahasiswa tersebut disambut langsung oleh Kanim Imigrasi, Azhar di aula kantor Imigrasi. Mahasiswa meminta pihak Imigrasi meningkatkan sejumlah pelayanan hingga mengevaluasi para petugasnya.

Korlap aksi, Ramlan Abdullah, Rita Mariana dan Faizul menyampaikan kurangnya keramahan dan humanisnya para petugas dilapangan. Dan meminta pengurusan paspor dipercepat jangan sampai ada pungli yang merugikan masyarakat.

Rita Mariana menambahkan, khusus untuk pelayanan anak hendaknya diperlakukan secara baik, dengan memisahkan ruang introgasi anak dan orang dewasa.

“Perlakukan anak-anak autis dengan baik, jangan dengan bahasa yang kasar, kita buat anak nyaman di pelabuhan ini,” harap Rita.

Sementara itu, Faizul, aktivis dari Mahasiswa Stai juga menyampaikan aspirasinya agar sarana pelabuhan keberangkatan dan kedatangan Internasional dipisahkan dari pelabuhan domestik, agar masyarakat nyaman dan pengawasan bisa dilakukan dengan baik.

Kanim Imigrasi, Azhar meyambut positif masukan dari para mahasiswa dan mahasiswi tersebut, ia berjanji akan melakukan pembenahan di lingkungan kerja imigrasi agar pelayanan lebih baik.

Terkait pelayanan di pelabuhan, beliau juga merasakan hal yang sama, tapi pelabuhan tersebut milik Pelindo, sehingga perbaikan belum banyak dapat dilakukan oleh pemerintah. Namun demikian, ia akan terus berkoordinasi dengan bupati untuk memberikan pelayanan pelabuhan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Meranti, Kompol Yudi menyampaikan kesiapan mereka untuk mendampingi pihak imigrasi dalam hal pengawasan terhadap kedatangan dan keberangkatan internasional.

“Saya juga melihat sudah ada perbaikan dan renovasi fasilitas di pelabuhan yang dilakukan Pelindo, kita manfaatkan fasilitas yang ada, sambil menunggu pembenahan yang dilakukan pihak Pelindo,” tutupnya.***(muz)