Palembang Tuan Rumah ISG III

Jakarta (SegmenNews.com)– Lokasi penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) III menemui titik temu. Pada rapat terbatas di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Selasa, (2/7/2013), Pemerintah memutuskan Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan itu.

“Kami ingin daerah bisa dilibatkan dalam penyelenggaraan ivent internasional. Jadi, tidak Jakarta melulu,” ucap Menko Kesra, Agung Laksono.

Pemerintah ingin memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah dalam mengelola acara-acara besar. Hal ini selaras dengan semangat otonomi daerah.

Selain itu, dipilihnya Palembang sebagai tuan rumah ISG tak lepas dari pengalaman Palembang sebagai tuan rumah SEA Games 2011.

Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mengatakan, pergeseran tempat penyelenggaraan ISG dari Jakarta ke Palembang tidak menimbulkan masalah.

Menurut dia, Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ISG tanpa menyebutkan kota khusus lokasi pelaksanaannya.

Menpora menambahkan, setelah memeriksa sejumlah tempat pertandingan di Jakarta, ternyata ada yang belum siap, Menpora mencontohkan atletik, renang, dan senam. Untuk memperbaiki arena tersebut, perlu waktu untuk menggelar tender lebih dulu.

Sedangkan dari sisi pendanaan, dia berharap Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin, bisa membantu seperti yang pernah ditawarkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. “Harapannya kekurangan dana Rp46 miliar bisa dibantu daerah dan Pemerintah pusat tetap menyediakan Rp131 miliar,” katanya.

Semula ISG III direncanakan digelar di Pekanbaru, Riau pada Juni. Karena sejumlah arena pertandingan tidak layak, pemerintah mengundurkannya menjadi bulan September. Pengunduran ini untuk membenahi fasilitas yang tidak memadai.

Meski waktu penyelenggaraan telah digeser, ternyata Gubernur Riau Rusli Zainal tersandung kasus dugaan korupsi dan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Walhasil, karena tidak ada pejabat yang mau bertanggung jawab, Pemerintah memutuskan untuk memindahkan lokasi ISG ke Jakarta.

tempo.co