Kemenag Rohul Terbitkan Buku “Islam Sosial”

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, terbitkan buku dengan judul, “Islam Sosial – Sebuah Tafsir Atas Realitas”, dengan kata pengantar Prof Dr Komaruddin Hidayat MA, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, penerbit Penamadani Jakarta.

Buku tersebut diserahkan oleh Kakan Kemenag Rohul kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Drs H Tarmizi Tohor MA, Kamis (20/2/2014) bertempat di aula Kanwil Kemenag Riau, Pekanbaru, dan juga kepada Kabag Tata Usaha, para Kabid, para Kasi, para Kakan Kemenag Kab/Kota, dan pimpinan Satuan Kerja (Satker) se Riau.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan, penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh sebuah pemikiran bahwa ilmu pengetahuan akan berkembang manakala dia dituliskan, sehingga dapat dibaca, dianalisa, dikritisi, dan dikembangkan oleh orang lain.

Tradisi tulis menulis ini pada dasarnya adalah tradisi islami, dimana para ulama-ulama pada masa dahulu, menuliskan ide dan gagasannya, sehingga dapat kita pelajari pada masa kini. Kita kenal dan kita ikuti Imam Syafi’i karena memang beliau menulis kitab, seperti Al-Umm, Ar-Risalah, dan lain sebagainya, tegas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi juga menjelaskan, bahwa isi buku ini pada dasarnya adalah jawaban atau tanggapan, usul dan saran, serta solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi umat, sesuai dengan bidang tugas penulis. Terkadang ada problematika umat yang harus saya jawab dan sampaikan solusinya, tetapi tidak cukup dengan pembicaraan, harus saya sampaikan secara tertulis melalui media massa.

Kumpulan-kumpulan dari berbagai tulisan tersebut, saya pilih, pilah, dan edit, serta dikelompokkan sesuai bidangnya, lalu saya jadikan menjadi sebuah buku. Alhamdulillah hasilnya menjadi sebuah karya tulis, yang menjadi salah satu sumbangsih saya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Kakanwil Kemenag Riau, Drs H H Hhhh Tarmizi Tohor MA, menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kakan Kemenag Rohul, dimana di sela-sela kesibukannya sebagai Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu, masih menyempatkan diri untuk menulis, baik di media massa maupun membuat sebuah buku.

Ini adalah sebuah karya nyata dari seorang anak bangsa, yang saat ini menjabat sebagai Kakan Kemenag Rohul. Saya berharap agar Kakan Kemenag Kab/Kota lainnya, juga menulis buku, terkait dengan tugas dan fungsinya sebagai pimpinan dan pengayom umat, pinta Tarmizi.***(Ash/rls)