Banyak Pelanggaran Pemilu, Massa Datangi KPU Riau

pemiluPekanbaru (SegmenNews.com) – Belasan orang massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Riau Peduli Pemilu mendatangi Kantor KPU Riau, Senin (5/5/2014). Kedatangan mereka memprotes banyaknya pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014.

Pada aksi tersebut, seorang demonstrasi tiba-tiba memukul kepalanya dengan gelas sehingga mengalami luka dan mengucur dara dari kepalanya.

“Ini merupakan bentuk protes kami terhadap pelaksana Pemilu kemarin,” kata Indra Sani, koordinator aksi.

Dia menilai, bahwa KPU Riau tidak tegas dalam dugaan pelanggaran pidana Pemilu seperti yang terjadi di Kabupaten Siak dan Rokan Hulu. Padahal, pelanggaran itu kuat dugaan turut melibatkan penyelenggara dari oknum petugas PPS, PPK dan KPU.

“Salah satunya yang sangat fatal adalah penggelembungan suara salah satu Caleg yang jumlahnya sampai ribuan. Banyak temuan tentang perubahan angka dari hasil rekapitulasi di berkas C1 dan D1 hingga ke tingkat KPU Provinsi belum ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Oleh karena itu, massa mendesak setiap laporan pelanggaran yang masuk ke Panitia Pengawas Pemilu maupun Badan Pengawas Pemilu Riau segera diproses oleh Sentra Gakumdu tanpa ada tebang pilih.

Kemudian katanya, keputusan KPU Riau yang hanya memecat anggota KPPS di Kabupaten Siak yang diduga terlibat penggelembungan suara, merupakan tindakan yang sangat lemah. Menurut dia, seharusnya oknum tersebut diberi ganjaran yang berat karena telah mencederai proses demokrasi di Indonesia.

“Pidanakan petugas pelaksana Pemilu yang terlibat dalam penggelembungan suara tersebut,” tegasnya.***

Red: Son
Sumber : antara