Pelantikan, Ketua PN Pekanbaru Diminta Kedepankan Integritas Hakim

Mantan ketua PN Pekanbaru, Bachtiar Sitompul beserta istri memberikan sambutan
Mantan ketua PN Pekanbaru, Bachtiar Sitompul beserta istri memberikan sambutan

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Nommy Purwanto, berharap kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru yang baru, Achmad Setyo Pudjo Hasoyo agar tetap mengedepankan integritas hakim demi penegakan hukum.

Hal tersebut diungkapkannya dalam amanat pada acara sidang luar biasa pengambilan sumpah dan pelantikan serta serah terima jabatan, Ketua PN Pekanbaru, di Ruang Sidang I, Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Selasa (10/6/14).

Lebih lanjut Nommy menjelaskan, karena Pekanbaru memiliki ruang wilayah kerja sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, pendidikan, politik dan lain-lain. Akan menjadi tantangan sendiri bagi Ketua PN Pekanbaru. Karena akan memunculkan berbagai kepentingan dalam bentuk intervensi kepada hakim.

Dalam kesempatan ini, Nommy juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja yang telah dilakukan Bachtiar Sitompul, yang pernah menjatuhkan vonis 14 tahun terhadap Rusli Zainal, terkait kasus suap PON dan Perizinan Kehutanan. Yang kini mendapat promosi sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Samarinda, Kalimantan Timur.

“Saya juga mengapresiasi kinerja saudara Bachtiar Sitompul, yang dapat menyelesaikan perkara-perkara dengan baik. Prestasi yang baik tersebut demi penegakan hukum di PN Pekanbaru,” pungkas Nommy.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Hakim Agung Republik Indonesia, Dudu Duswara Machmuddin, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, unsur Forkompinda Kota Pekanbaru. Kaporesta Pekanbaru, Kombes Pol Robert Haryanto, Ketua PN dalam wilayah hukum PT Pekanbaru, dan segenap hakim tinggi dan pegawai PT Pekanbaru, serta hakim PN Pekanbaru dan jajaran.***(chir)