Hasil Panen Kedele Penuhi Kebutuhan Lokal di Rohil

keeleRokan Hilir(SegmenNews.com)- Dinas pertanian dan Perternakan (Distanak) Rohil, menyebutkan akhir maret biasanya para petani kedele sudah muali melakukan penanaman kembali, setelah sebelumya melakukan panen. Seperti diketahui, hasil kedele dari para petani dapat memenuhi kebutuhan lokal.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Ir Muslim ketika ditemui kemarin di Bagansiapiapi mengaku pada akhir Maret ini para petani di Pekaitan sudah akan melakukan penenaman kembali setelah sebelumnya melakukan panen. “Biasanya minggu pertama April sudah tanam, namun banyak juga yang melakukan tanam akhir Maret,” kata
Muslim, Kamis (5/3/15).

Kecamatan Pekaitan, sebut Muslim, selain potensi dibidang pertanian padi juga berpotensi di tanaman kedele. Bahkan di daerah hasil pemekaran dari Kecamatan Bangko ini memiliki lahan kedele seluas 1.350 hektar.

Saat disingung mengenai kemana saja pangsa pasar kedele tersebut diakui Muslim hanya memenuhi kebutuhan lokal saja. “Kedele itu hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal seperti pembuat tape dan sebagainya. Perlu di ketahui hasil panen kedele di Pekaitan ini cukup lumayan bagus,” ujarnya.***(adv/hms/karyadi)