Bupati Suyatno: Maniak Batu Akik Harus Jaga Lingkungan

SuyatnoRokan Hilir(SegmenNews.com)- Bupati Rohil H Suyatno menyebutkan, pada masa saat ini boleh dikatakan sedang tren pengguna batu akik sebagai fesion, namun demikian bagi para maniak batu akik agar tetap menjaga lingkungan, jangan sampai merusak. Bupati juga mengaku senang karena ternyata banyak akik asli asal Rohil yang diminati dan diburu para kolektor.

“Ya kita sebagai masyarakat Rohil harusnya bangga, dengan potensi yang dimiliki, karena akik Rohil juga banyak diminati, bahkan ada saya dengar sekarang para kolektor sedang memburunya,”ujar Bupati Rohial Suyatno, belum lama ini.

Bupati menilai, potensi batu akik Rohil tak kalah dibandingkan dengan daerah lain, apa lagi saat ini Rohil sedang menggelar iven kontes batu akik yang bertema pulau jemur gemston. Artinya batu akik pulau jemur turut ambil bagian dalam menyemarakkan acara juga mengenalkan daerah lewat potensinya.

“Saya tadi bertanya, di setiap stand bazar itu rata-rata batu daerah Rohil yang dijual cukup mahal harga berkisar antara Rp3 juta sampai Rp 4 juta. batunya asal dari bermacam daerah dirohil,”kata Bupati.

Meski antusias masyarakat Rohil untuk mengembangkan usaha batu Akik cukup tinggi, namun Bupati Suyatno mengingatkan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat Rokan Hilir, antusias dan maniak dengan batu Akik boleh-boleh saja, tapi jangan sampai merusakan lingkungan, khususnya di pulau Jemur. Karena Pulau Jemur itu adalah aset daerah yang sangat penting,” katanya.***(adv/hms)